Cara Sederhana Meraih Bahagia

8 comments

 

Setiap orang pasti memiliki rasa gelisah, ketakutan, atau cemas. Itu wajar. Bahkan, dari perasaan-perasaan tersebut bisa jadi pemicu stres, tidak bahagia, dan tidak menutup kemungkinan kerap menjadi penyakit mental.

 

Hidup tenang dan bahagia merupakan hal yang terdengar sederhana. Namun, banyak pula orang yang mendambakannya. Jelajah Mia pernah berceloteh tentang bahagia dan berbagai tentang pola hidup bahagia. Walaupun standar kebahagiaan bagi setiap orang berbeda. Yang perlu sobat jelajah mia tahu, setiap orang berhak bahagia.

 

Cara Sederhana Meraih Bahagia

Kali ini Jelajah Mia masih ingin berbicara tentang bahagia tapi lebih sederhana, yaitu cara sederhana meraih bahagia. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meraih bahagia dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

 

Selalu Bersyukur

Dalam hidup ini selalu ada hal-hal yang patut disyukuri. Bahkan, di saat-saat sulit pun seseorang masih bisa bersyukur. Menerima apa yang kamu peroleh dan memperbanyak rasa syukur bisa menjadi langkah pertama. Dengan kata lain, bersyukur adalah kunci meraih bahagia

 

Merayakan Kemenangan Kecil

Bagian dari belajar bagaimana menjadi bahagia adalah merayakan kemenangan kecil. Ini memicu perasaan bangga dan bahagia yang dapat membantu memotivasi diri untuk bekerja menuju langkah-langkah kecil berikutnya dan akhirnya besar. Ingat, apresiasi dirimu sendiri, walaupun itu kecil.

 

Tidur Cukup

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur. Namun sayangnya, kadang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas itu sulit. Padahal, tidur yang tepat dan berkualitas dapat membantu menghindari kabut otak, perasaan depresi, lesu, dan perasaan tidak bahagia lainnya.

 

Bernapas Dalam-Dalam

Saat merasa galau dan cemas, kadang timbul rasa sesak di dada. Dengan hanya menarik napas dalam-dalam kamu bisa sedikit merasa lega dan bahagia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa latihan pernapasan lambat dan dalam, bisa secara efektif membantu mengurangi stres.

 

Mengakui Kamu Tidak Bahagia

Untuk terlihat tegar, banyak orang yang enggan kalau dirinya tidak dalam keadaan baik-baik saja. Ingat, jangan pura-pura bahagia, padahal tidak. Akui perasaan tidak bahagia kamu, renungkan, dan kemudian fokus dengan apa yang bisa kamu lakukan untuk pulih.

 

Jangan Bandingkan Diri Dengan Orang Lain

'Rumput tetangga jauh lebih hijau'. Mungkin ungkapan itu yang kerap menjadikan hidup orang lain sebagai pembanding atas hidupnya sendiri. Yang harus diingat adalah setiap orang punya garis kehidupannya sendiri. 


Dan rasa tidak puas pada diri sendiri bisa berdampak negatif yang membuatmu tidak bahagia. Jadi, fokus pada kehidupan sendiri, membuat kita jauh lebih bahagia! Cara ini bisa jadi kunci hidup tenang dan bahagia yang bisa kamu coba.

 

Pentingnya Me Time

Mengapa me time penting untuk meraih kebahagiaan? Sebab, meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa meningkatkan kebahagiaan. Meluangkan waktu sejenak seperti halnya kita mengisi energi yang tadinya drop menjadi penuh kembali. Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk melakukan aktivitas me time.

 

Penutup

Inilah cara Jelajah Mia dalam meraih kebahagiaan sederhana, lalu bagaimana dengan sobat Jelajah Mia dalam meraih kebahagaiaan


Related Posts

8 comments

  1. Pada akhirnya prinsip dasar kebahagian itu mensyukuri baik apa yang kita punya maupun yang enggak kita punya, kadang orang suka miss yang satu ini.

    ReplyDelete
  2. Hmm bener banget nih mbah bahwa untuk bahagia itu hanya butuh cara sederhana serta free. Dan harus selalu ku ingat bahwa syukur itu berada pada puncak piramida cara untuk bahagia yang paling sederhana.

    ReplyDelete
  3. Bahagia saya adalah menerima apa adanya. Bener banget itu konteks selalu bersyukur...sehingga kita bisa menerima apapun yang Allah berikan kepada kita.

    ReplyDelete
  4. Sepertinya saya butuh semua poin-poin di atas biar hidup lebih bahagia. Terkesan receh, tapi real banget. I Think anybody need dengan poin-poin yang disebutkan Teh Mia.

    So far bersyukur banget bisa tidur cukup dan belajar untuk disiplin dengan ritme waktu tidur dan bangunnya, and it's right, rasanya bangun tidur bisa semangat dan bahagia kalau tidurnya cukup

    ReplyDelete
  5. Bahagia itu sederhana dan kita sendiri yang bisa menciptakannya. Yang mahal itu gengsi dan pura-pura bahagia hehehe😊

    ReplyDelete
  6. Kalau bisa memang jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain. Kayaknya gak bakal ada habisnya deh. Bahagia itu kita yg ciptakan. saya setuju banget

    ReplyDelete
  7. Simple, tapi pasti ada aja yang terlewat dan bikin mood down. manusia tempatnya mengeluh dan kurang. Alhamdulillah postingan begini jadi reminder. Semangat semuaaa

    ReplyDelete
  8. sepakat kak, aku juga mirip nih seperti kakak, bahagia itu diciptakan, kalau menunggu yang lain terus kapan aku bahagianya
    dannnn yang terpenting tidak membandingkan diri ini dengan yang lain cukup bandingkan diri ini saat ini dengan diri ini sebelumnya, sudahkah lebih baik? atau apa yang harus diperbaiki lagi
    terinspirasi boleh tapi tidak terinitimidasi

    ReplyDelete

Post a Comment