Perbedaan Antara Berita Buku, Sinopsis. Resensi dan Review

8 comments

 

Kakak-kakak setelah selesai membaca buku, apa yang dilakukan? Meletakkannya di rak buku? Atau berbagi pengalaman hasil membaca bukunya di sosial media?

 

Perbedaan Berita Buku, Sinopsis. Resensi dan Review

Pembaca Buku di Era Digital

Dulu, kalau mau mengirimkan komentar atau pendapat tentang buku yang kita baca ke media cetak seperti koran dan majalah, dan para pembaca resensi buku pun hanya bisa membaca resensi buku di media cetak tersebut. Namun, mengirimkan tulisan ke media memerlukan waktu yang lama dengan persaingan yang ketat. Alhasil, review tidak seperti sekarang yang bisa kita temu dengan mudah di berbagai media

 

Kini, di era media sosial, penulisan reviw buku lebih banyak antusiasnya, terlihat mulai tahun 2017, bermunculan komunitas literasi online yang menjadi wadah untuk berkumpul para tukang baca buku. Sehingga tidak merasa sendiri memiliki kebiasaan membaca buku.

 

Banyak orang yang menulis review buku buku dengan bebas dan menarik tanpa harus dibebani standar tinggi redaksi. Mereka tinggal mengirimkan tulisannya ke media sosial atau pun blog pribadi, pembaca pun dimanjakan dengan banyaknya review buku yang bisa menjadi bahan pertimbangan utama mereka sebelum membeli buku tersebut. Atau istilah para pembaca buku, saling meracuni agar tergoda untuk membaca buku yang kita baca.

 

Sebelum kita berbicara tentang review buku, alangkah baiknya kita mengenal perbedaan antara berita buku, sinopsis, resensi dan review. Bagaimana sih perbedaannya?

 

Berita Buku

Dalam berita buku, yang ditulis adalah peristiwa, misalnya tentang peluncuran sebuah buku baru, buku yang sudah cetak ulang puluhan kali, ulang tahun penerbitan buku, penerjemahan buku ke bahasa asing, dan lain sebagainya.

 

Pengertian Berita Buku

Sinopsis

Sinopsis adalah ringkasan isi buku. Tulisan sinopsis berfokus pada merangkum isi buku dalam tulisan pendek, sehingga orang yang membaca sinopsis akan mendapat gambaran seperti apa buku itu. Biasanya tulisan pendek ini bisa kita jumpai saat akan membeli buku secara daring (online).

 

Pengertian Sinopsis

Peristiwa yang ditulis itu berhubungan dengan buku, tapi berita itu bukan sebuah ulasan tentang sebuah buku. Ya, tentu saja kadang ada sedikit (1-2 paragraf) sinopsis buku tersebut, tapi ringkasan itu bukanlah inti dari tulisan tersebut.

 

Resensi

Resensi berasal dari bahasa Latin recensio, recensere, yang berarti mengulas kembali. Dalam bahasa Inggris disebut review atau melihat kembali. Dengan demikian kita tahu, resensi itu bukan hanya pandangan sekilas seperti saat kita membaca postingan di media sosial.

 

Pengertian Resensi

Dalam penggunaannya, resensi kemudian dipersempit menjadi sebuah penilaian dan pendapat terhadap sebuah karya berdasarkan referensi ilmiah.

 

Review

Review berarti sebuah tinjauan, ringkasan yang terdapat perbandingan di dalamnya juga pendapat pribadi disertai kesimpulan buku atau produk.

Pengertian Review

 

Review ini bertujuan untuk memberikan informasi yang didasarkan dari fakta dan analisis yang baik. Dengan adanya review, pembaca akan merasa mudah untuk lebih mengetahui sesuatu berdasarkan pandangan orang lain yang telah dibuktikan dengan analisis.


Apa yang ditangkap setelah mengenal perbedaan dari cara menuliskan pendapat terhadap sebuah buku? Nah, untuk selanjutnya Jelajah Mia akan membahas tentang review buku, nantikan, ya!


Related Posts

8 comments

  1. Istilah yang lain memang jarang diketahui ya mbak, orang awam hanya mengenal review, padahal secara definisi artinya sudah beda
    sebetulnya lebih mudah membuat resensi dibandingkan review, kalau menurut saya sih, karena saya tak perlu menilainya secara ilmiah

    ReplyDelete
  2. Resensi dan review tipis-tipis yang paham perbedaannya. Semoga nggak banyak yang tergelincir lagi setelah tahu perbedaan yang Mbak jelaskan hehe

    ReplyDelete
  3. Sering ga ngeh ya dengan perbedaan seperti ini...yang sering dipahami ya dibaca untuk mendapatkan informasi

    ReplyDelete
  4. Saya pun kerap menuliskan kembali buku yang telah dibaca. Dari pemaparan di atas yang selama ini saya lakukan adalah review karena itu semacam opini. Yess, berarti nggak salah. He-he.

    ReplyDelete
  5. kalau buku itu namanya resensi kan bukan review betul nggak kakak Mia eh bu guru Mia? Tapi aku lebih suka nulis review buku dari pada resensi buku ..pengikut gugel mbak wkwk

    ReplyDelete
  6. berarti review buku lebih mudah ya daripada resensi, karena ia bertolak dari pandangan pribadi yang bentuknya opini, kalo resensi jadi kaya bedah secara ilmiah, dan siap falsifikasi heu,, beraaat

    ReplyDelete
  7. berarti review itu ulasan atas sebuah karya berdasarkan pandangan pembuatnya, sedangkan resensi memberi penilaian singkat terhadap suatu tulisan, Berarti review dan resensi sama-sama ulasan sebuah karya. bedanya resensi menghasilkan nilai sedangkan review tidak, apakah benar seperti itu kak?

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya perbedaannya tipis banget ya kak, kadang soalnya saya menjumpai review yang di dalamnya diberi sedikit ringkasan tetapi ada pula yang berisi langsung pendapat mengenai buku tersebut

    ReplyDelete

Post a Comment