Kedisiplinan Siswa di Sekolah

22 comments

 

Salah satu tujuan dari pendidikan adalah membentuk pribadi yang disiplin, terutama dalam dunia pendidikan di sekolah. Banyak orangtua mengharapkan kepada pendidik agar peserta didiknya dapat mengembangkan sikap disiplin.

 

Bagaimana disiplin di sekolah? Tentulah terdapat macam-macam kedisiplinan didalamnya serta fakto yang mempengaruhi disiplin. Apa sajakah itu? Mari simak artikel ini hingga akhir.

Kedisiplinan Siswa di Sekolah


 

Bagaimana Kedisiplinan Siswa di Sekolah?

Kedisiplinan siswa di Sekolah jadi hal penting yang wajib diterapkan. Ada beberapa ciri-ciri siswa dikatakan sebagai orang yang disiplin. Seperti selalu tepat waktu, selalu mentaati peraturan, selalu mengerjakan tugas dengan baik, mengumpulkan tugas tepat waktu dan sebagainya.

 

Saat berada di sekolah siswa harus selalu disiplin. Ini dikarenakan disiplin yang berlaku di sekolah disertai dengan hukuman atau sanksi apabila ada yang melanggarnya. Hukuman atau sanksi yang diberikan tergantung dengan jenis dan juga bobot pelanggaran yang pelajar lakukan.

 

Macam-Macam Kedisiplinan Siswa di Sekolah

Supaya kamu menjadi salah satu siswa yang disiplin sebaiknya mengetahui macam-macam kedisiplinan untuk siswa di sekolah. 

Macam-macam Kedisiplinan Siswa di Sekolah



Berikut pembahasan lengkapnya.

 

1. Disiplin Waktu

Time is money, istilah satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Dari istilah tersebut diketahui jika waktu itu sangatlah berharga sehingga harus digunakan sebaik mungkin.

 

Selain itu, waktu yang sudah terlewatkan tidak akan bisa dikembalikan lagi. Maka dari itu, gunakan waktu yang tersisa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan positif.

 

Contohnya, siswa dikatakan disiplin waktu apabila datang ke sekolah atau masuk ke kelas tepat waktu (tidak terlambat), tidak pernah terlambat dalam mengumpulkan tugas dan presensinya sangat baik.

 

2. Disiplin Belajar

Supaya hasilnya bisa maksimal maka kamu harus belajar dengan disiplin yang tinggi. Dengan selalu disiplin dalam belajar maka kamu akan menemukan metode atau cara belajar yang baik dan benar, tentunya membuat nyaman dalam meraih cita-cita.

 

Metode belajar yang baik akan memungkinkan kamu untuk belajar dengan menyenangkan, terlihat dari prestasi baik akademik maupun etikanya. Maka dari itu, tanamkan sikap disiplin mulai dari sekarang.

 

3. Disiplin Berpakaian

Setiap sekolah tentunya memiliki aturan dan ketentuan dalam penggunaan memakai seragam. Seperti yang diketahui jika saat sekolah siswa diharuskan untuk memakai seragam.

 

Pada umumnya setiap sekolah memiliki aturan berpakaian yang tidak jauh berbeda dengan sekolah lainnya. Masing-masing pakaian tersebut digunakan sesuai jadwal yang ditentukan sekolah. Menggunakan seragam sesuai dengan hari yang ditentukan merupakan cermin dari sikap disiplin.

 

4. Disiplin dalam Bersikap

Disiplin dalam bersikap tidak akan muncul begitu saja melainkan butuh latihan dan perjuangan yang cukup lama. Terlebih di sekolah akan bertemu banyak teman dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda.

 

Dari teman sekolah tersebut biasanya akan menggodamu untuk melanggar peraturan yang ada di sekolah. Apabila tidak disiplin dalam memegang prinsip dan juga perilaku maka kamu akan tergoda untuk melanggarnya.

 

5. Disiplin Beribadah

Setiap umat beragama diharuskan untuk selalu menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya, tanpa terkecuali siswa yang beragama Islam. Pendidikan agama menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

 

Dimana mata pelajaran ini tidak hanya belajar teori melainkan juga prakteknya. Siswa harus menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam mengamalkan ajaran agamanya, seperti menjalankan shalat lima waktu di masjid, shalat di awal waktu, melaksanakan puasa wajib, menunaikan zakat dan sebagainya.

 

Ketika disiplin dalam beribadah yang berhubungan dengan bekal untuk kehidupan selanjutnya saja sudah diabaikan, bagaimana dengan hal yang berhubungan dengan dunia.

 

Itulah 5 macam kedisiplinan siswa di sekolah yang wajib diketahui. Apabila sudah mengetahui dan memahami macam-macam kedisiplinan tersebut, jangan lupa untuk selalu menjalankannya.

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Siswa di Sekolah

Tidak hanya memahami macam-macam dari kedisiplinan tersebut. Kitapun perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa disekolah antar lain:

1. Anak

Agar disiplin dilingkungan keluarga dapat berjalan dengan baik , maka sangat diharapkan kerjasama antara semua anggota keluarga yang ada dirumah tersebut. Diharapkan juga kesadaran anak itu sendiri dalam upaya membina kedisiplinan.

 

2. Hukuman

Hukuman merupakan salah satu upaya untuk mempengaruhi perilaku seseorang. Apabila anak tersebut berbuat suatu pelanggaran atau melakukan tindakan yang tidak baik dan tidak ada teguran dari orang tua, maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang tidak baik bagi anak itu sendiri.

 

3. Lingkungan

faktor lingkungan merupakan faktor yang tidak kalah penting  dan sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.

 

Apabila lingkunganya baik, maka akan berdampak terhadap perbuatan yang baik dan positif dan begitu juga sebaliknya.

 

Penutup

Agar dapat tercipta sikap disiplin siswa yang diharpakan, maka ketiga lingkungan tersebut harus saling membantu, menolong, dan kejasama, karena masalah pendidikan itu sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, guru atau sekolah, orant tua atau keluarga, dan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar

 

Materi pada artikel ini pernah ditampilkan pada LDKS SMK Bakti Bangsa Bandung pada hari Jumat, 13 Oktober 2023. 

Materi Kedisiplinan di LDKS


Untuk materi manajemen diri nanti di artikel selanjutnya ya (kalau mood merapikan tulisannya hahahaha)

Pematerian Kedisiplinan Siswa di LDKS


Kalau ada yang gagal fokus sama kolong mejanya, iya pas jadi pematerian emang bawa atala karena bukan hari dia dititipin ke pengasuhnya dan tentu ada murid yang standby fokus ke dia biar agak aman terkendali

 


Related Posts

22 comments

  1. Kwdiaiplinan di sekolah adalah hal paling penting, namun saya melihat kedisiplinan siswa saat ini berbeda dengan kedisiplinan saat dulu

    ReplyDelete
  2. aduhh perkara disiplin ini aselik syusyaahhh bgt.
    anakku sudah remaja, tp utk bikin dia disiplin nih kami masih struggling bgt🫣🤣
    semangaattt utk kita semuaaaa

    ReplyDelete
  3. Baru mau bilang galfok sama yang di kolong meja hihi...Keren, Mbak
    Memang ya sikap disiplin siswa akan tercipta diperlukan peran lingkungan yang saling membantu, menolong, dan bekerjasama,

    ReplyDelete
  4. Sikap disiplin sangat penting ditanamkan kepada anak didik sedini mungkin agar menjadi kebiasaan dalam diri si anak.
    Makasi mba sudah memberikan artikel positif dan manfaat, mengingatkan betapa pentingnya nilai disiplin yang harus ditanamkan ke generasi muda saat ini.

    ReplyDelete
  5. Sejatinya, orang dewasa pun sepertinya tetap harus konsisten mempelajari dan, terutama, mempraktikkan mata pelajaran mengenai disiplin ini, ya, Kak. Kalau sudah, barulah kita bisa menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pendidikan disiplin anak dengan lebih efektif.

    ReplyDelete
  6. Kedisiplinan ini salah satu pelajaran yang ditanamkan banget sama alm bapak saya waktu kecil. Sejak dini didoktrin kalau mau jadi orang sukses, salah satu kuncinya disiplin. Hehe. Jadi, sampai sekarang saya terbiasa apa-apa terjadwal, ontime, ngikut sama rules yang ada, dll. Tapi, kadang saya merasa terlalu kaku juga jadi orang karena hal ini. But, still.. Nggak rugi sih membiasakan disiplin ini.

    ReplyDelete
  7. Bisa gak yaa.. anak-anak ini dilatih untuk menumbuhkan kebutuhan disiplin untuk dirinya masing-masing?
    Jadi diharapkan menjadi pribadi yang bertanggungjawab.

    ReplyDelete
  8. Bu Guru multi tasking nih, ngjar ma momong bisa ya barengan gitu keren ammak satu ini, aku galfok ma Atala hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren yaa mbaa, gak gampang tapi maa shaa Allah bisa. Kalo gak bener-bener dibiasakan pastinya berat. Mengajar dan momong hmm kebayang anak-anaknya pasti senang banget dan betah.

      Delete
  9. Kedisiplinan di sekolah sebenarnya salah satu pendidikan dasar yang penting sekali untuk pembiasaan di luar sekolah nantinya. Tentu harus didukung pula oleh orang tua, meski orang tua tidak di sekolah. Minimal membangun kesadaran anak untuk mau disiplin.

    ReplyDelete
  10. Kirain Atala yang pakai baju hitam. Kok, udah besar aja. Perasaan suka lihat di story wa masih didorong-dorong di sepeda. Eh, ternyata pas dilihat lagi Atala mah yang lagi berdiri. He-he.

    ReplyDelete
  11. Disiplin itu penting banget untuk siswa karena akan mendidik dia jadi lebih tangguh

    ReplyDelete
  12. Baca ini jadi keinget masa-masa saat jadi anak sekolah. Sekolah saya dulu terkenal dengan kedisiplinannya. Walau dulu merasa semua aturan agak 'setreng', tapi saat memasuki usia dewasa merasa manfaatnya.

    ReplyDelete
  13. menegakkan kedisiplinan memang susah gampang ya, apalagi kalau displin dirumah dan sekolah berbeda..kebayang pusingnya jadi guru huhu

    ReplyDelete
  14. Bagi guru seprti aku, menegakkan disiplin itu cukup sulit. Kadang mau dikerasin malah takut bikn siswa takut tapi mau lembek malah bikin siswa tidak menghargai peraturan sekolah. Memang harus da kesadaran semua waarga sekolah tanpa kecuali

    ReplyDelete
  15. Lingkungan adalah faktor yang susah banget dikendalikan oleh ortu maupun guru dalam menegakan disiplin anak menurutku sih.

    ReplyDelete
  16. Sepakat sih kedisiplinan ini penting, bukan cuma buat kepentingan saat sekolah saja tapi bakal kebawa di semua aspek kehidupan. Menerapkan kedisiplinan ini ya susah susah gampang, tapi dengan contoh dan konsistensi insyaallah lama-lama bisa juga terpatri di anak-anak.

    ReplyDelete
  17. Entah ya...rasanya berbeda kedisiplinan jaman dahulu dengan era sekarang berbeda...sebetulnya sama namun mungkin karakter anak2 juga berbeda

    ReplyDelete
  18. Aku berharap ibu guru Mia selalu mood menulis sehingga tema selanjutnya segera terealisasi jadi bahan tulisan. Ini berguna banget buat emak-emak yang lupa pelajaran sekolah dulu bu. Makasih ya sudah reminder lagi tentang kedisplinan. Dari emak-emak yang mulai out from dicipline

    ReplyDelete
  19. Kak aku juga punya patokan sama tentang ibadah ini. Ketika disiplin dalam beribadah yang berhubungan dengan bekal untuk kehidupan selanjutnya saja sudah diabaikan, bagaimana dengan hal yang berhubungan dengan dunia.

    ReplyDelete
  20. Kedisiplinan bisa dibentuk dari rumah, kalau di rumah sudah terbiasa disiplin insyaallah di sekolah anak juga akan mengikuti. Semangat untuk mamak-mamak! Mendidik anak itu butuh perjuangan 💪

    ReplyDelete
  21. Betul kak, disiplin tidak ujug ujug tercipta begitu saja, melainkan butuh latihan dan perjuangan yang cukup lama ya, apalagi anak anak yang masih SD seperti tempatku ngajar

    ReplyDelete

Post a Comment