Rekomendasi TPQ Kids Online Group Albata, Mengaji Online yang Menyenangkan

30 comments


Zaman semakin bikin was-was para orang tua bila tidak membekali pondasi agama yang kuat pada anak. Penting untuk membekali ilmu agama kepada anak-anak kita. Belajar mengaji tidak lagi hanya dilakukan secara konvensional, akan tetapi bisa sudah dilakukan dengan mengaji online.

 

Memang ada? Tentu ada, dong. Albata rekomendasi terbaik untuk mengaji online. Yuk sobat Jelajah Mia, simak artikel Jelajah Mia hingga akhir!

 

Rekomendasi TPQ Kids Online Group Albata

Suasana Mengaji Zaman Dulu

Sobat Jelajah Mia, dahulu belajar mengajinya gimana?  Belajar mengaji di masjid/mushola/TPQ? Sedikit bercerita, kalau zaman kecil, di masa SD belajar di mushola terdekat, selain memang untuk mengenal pendidikan Al-Quran dan juga sarana mengenal serta akrab dengan teman sebaya sekitar rumah.

 

Suasana Mengaji Zaman Dulu

Masih teringat masa kecilku dulu, suasana di perumahan yang ramai dengan suara-suara mengaji selesai salat Magrib. Anak-anak berbondong-bondong pergi ke Masjid dengan membawa Iqro dan Alquran. Ceria, tawa, dan penuh suka cita, itulah ekspresi yang terlihat saat anak seusiaku berjalan menuju Masjid untuk belajar mengaji.

 

Budaya Magrib Mengaji, ialah istilah yang sangat dikenal dan sampai saat ini masih melekat di hati dan pikiran masyarakat Indonesia. Bukan hanya desa terpencil saja, kota yang penuh dengan hingar-bingar ini semuanya tahu tentang istilah tersebut.

 

Beranjak besar, agar jauh lebih mendalami baca tulis Al-Quran maka diimbangi juga dengan memahami ilmu agama lainnya, TPQ adalah jawaban atas hal itu. Kalau sekolah pagi, maka TPQ-nya ambil di waktu sore hari. Apabila sekolah siang, maka TPQ-nya ambil di waktu pagi hari.

 

Zaman Jelajah Mia sih masih merasakan sekolah pagi dan siang, bahkan hingga SMP, tentunya anak zaman sekarang tidak bahkan sekolah saja full sekali jadwalnya, hihihi

 

Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari mengaji itu?

 

Manfaat Mengaji

Mengajarkan anak mengaji dalam agama memang suatu kewajiban bagi kita sebagai orang tua. Selain faktor kewajiban, nyatanya belajar mengaji juga memiliki manfaat yang luas untuk tumbuh kembang anak loh sobat jelajah mia.

 

Pengaruh belajar mengaji Al-Qur’an secara kognitif adalah mempengaruhi daya ingat serta pemahaman dan pemecahan masalah bagi anak. Selain itu, mempelajari Al-Qur’an juga berpengaruh pada kondisi moral anak tentang bagaimana cara bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sosial yang baik kedepannya.

 

Selebihnya bisa memberikan manfaat seperti:

1. Mampu Mengetahui Hal-Hal yang Baik

Anak mampu mengetahui hal-hal yang baik dan buruk sebagaimana terkandung dalam Al-Qur'an.

2. Terbiasa Mengucapkan Perkataan Baik

Menjadi terbiasa untuk hanya mengucapkan perkataan yang baik saja.

3. Bersikap Ramah dan Sopan Santun

Mampu bersikap ramah dan sopan santun kepada orang-orang disekitarnya.

4. Paham Kebersihan Diri

Mengerti pemahaman menjaga kebersihan diri karena dalam mengaji diharuskan dalam keadaan suci dan bersih.

 

Untuk itu, sebagai orang tua sebisa mungkin jangan malas untuk membantu anak belajar mengaji agar tumbuh menjadi anak yang memiliki moral baik ya sobat jelajah mia.

 

Namun, dua hal tersebut baik mengaji di masjid maupun TPQ  pesonanya mulai memudar. Terutama ketika masa pandemi, mau tidak mau segala hal yang bersifat tatap muka melakukan penyesuain diri secara online begitu pula.

 

Begitu pula dengan Albata yang melakukan penyesuaian dalam membangun Lembaga Pendidikan Islam yang tidak hanya secara offline tetapi pula dengan cara online. Bagaimana Albata itu?

 

Tentang Albata

Albata adalah Lembaga Pendidikan Islam yang berfokus pada materi Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin dan Tahfidz. Berdiri tahun 2019, Albata adalah Lembaga Pendidikan Islam resmi dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Albata, adapun visi dari Albata yaitu :

  1. Membangun generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa & mandiri sejak dini.
  2. Membangun peradaban Islami yang dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.
  3. Mengembangkan mindset bahwa belajar itu menyenangkan.

 

Albata adalah jawaban dari kegundahan orang tua saat ini, agar anak dapat memiliki pondasi kuat dalam bertauhid, bertaqwa, dan mandiri sejak dini. Materi pendidikan Islam yang diajarkan mengadopsi metode montessori.

 

Adapun kurikulum umum dari Albata, yaitu :

 

Struktur Kurikulum Albata

Ada apa aja sih kelas-kelas di Albata ? Nah, berikut kelas-kelas di Albata sebagai berikut :

Kelas-kelas di Albata


Nah, untuk saat ini, Jelajah Mia akan mengulas salah satu kelas mengaji online yang ditawarkan oleh Albata, yaitu TPQ Kids Online Group.

 

TPQ Kids Online Group

Ketika sebelumnya Jelajah Mia ajak nostalgia sedikit masa-masa mengaji zaman kita kecil (anggap aja kita seumur ya sobat Jelajah Mia, hihihi). Generasi sekarang sudah dengan perkembangannya bisa merasakan indahnya mengaji online tanpa mengurangi rasa dan suasana mengaji kita dahulu. Lalu, bagaimana TPQ Kids Online Grup?

 

TPQ (Tempat Pendidikan Quran) yang berdasarkan Qur'an dan Sunnah. Ditujukan untuk anak usia 3 - 7 tahun, dengan metode pembelajaran Fun Learning (Montessori-Based). Kurikulum yang sangat komperhensif, yaitu :

 

1. Tauhid

2. Adab & Akhlak

3. Fiqih

4. Sirah (Cerita Nabi, Sahabat, dan Ulama Klasik)

5. Tartil (Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah hingga Membaca Quran)

6. Tahfidz (Hafalan Quran)

 

Kurikulumnya bikin tentu bikin segera mendaftarkan anak kita buat ikut pendidikan di Albata ya ga sih? Kenapa harus memilih mengaji online di TPQ Kids Online Group?

 

Kenapa Memilih TPQ Kids Online Grup Albata

1. Sesuai Quran dan Sunnah

2. Pembelajaran Fun Learning

3. Pengajaran terbaik & efektif, 1 kelas maksimal 5 murid dengan 1 pengajar

4. Pengajar (ustadzah) terbaik, di seleksi dari universitas ternama

5.Menggunakan aplikasi TalkCloud+ (aplikasi khusus untuk edukasi/pembelajaran anak, kids friendly) bukan Zoom.

6. Bisa diikuti dari mana saja

7. Info selengkapnya bisa cek TPQ Kids Online Group

 

Untuk menambah keyakinan Sobat Jelajah Mia mendaftarkan anaknya ke Albata, ini ada testimoni orang tua setelah mengikuti mengaji online di TPQ Kids Online Grup

 

Testimoni Orang Tua TPQ Kids Online Grup

 

Penutup

Sebagai orang tua tentu selalu ingin memberikan yang terbaik terutama pendidikan Agama, sebagai bekal dunia dan akhirat. Mengaji online di Albata sebagai ikhtiar orang tua, biaya yang dikeluarkan selain sebagai investasi dunia dan akhirat, tentu terjangkau bagi orang tua.

 

Sejatinya kita selalu berikhtiar agak anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah sehingga nantinya menjadi amalan yang tidak terputus bagi kita ketika didoakan oleh anak-anak kita. Demikian, semoga sobat jelajah mia jadi lebih yakin mendaftarkan anaknya untuk mengaji online di Albata

 


Related Posts

30 comments

  1. Di tengah kesibukan orang tua, sekolah yang fullday, TPQ online bisa menjadi pilihan orang gua untuk menjadikan anak tetap bisa mendapatkan pendidikan agama yang baik

    ReplyDelete
  2. Budaya magrib mengaji ini yang semakin memperkuat komitmen saya dan suami di rumah mengajak anak anak kampung untuk mengaji, daripada keluyuran gak tentu atau menghabiskan waktu buat gadget saja....

    ReplyDelete
  3. Rekomendasi seru buat TPQ Kids: Gabung ke grup online Albata! Mengaji online jadi lebih menyenangkan dengan atmosfer hangat dan pembelajaran yang interaktif.

    ReplyDelete
  4. Salah satu cara belajar agama yang keren nih kak karena bisa langsung didampingi orang tua. Jadi inget masa-masa kecil dulu hehe
    Kalau ngaji di ustad atau kyai yang dikenal di desa

    ReplyDelete
  5. Sebagai orangtua tentu memiliki kewajiban untuk mengajarkan ilmu agama kepada anak, sejak dini dan mengaji online Albata bisa melengkapi usaha dan upaya para orangtua supay semakin membentengi dan membekali anak dengan ilmu agama serta kemampuan mengaji yang benar. Keren sangat inovatif serta solutif.

    ReplyDelete
  6. Wah bagus programnya yaa mengaji online, buat kita yang kesulitan mengantar anak-anak ke TPQ atau di daerah kita nggak ada TPQ, program ini bisa jadi solusi untuk anak tetap bisa belajar mengaji

    ReplyDelete
  7. Aku beberapa waktu kebelakangan ini sedang tertarik nih sama Albata. Apalagi kan kelasnya juga ada yang daring ya. Jadi kalau jauh dari lokasi kelasnya ya bisa ikutan secara jarak jauh.

    ReplyDelete
  8. Wah bisa online ya?
    Kukira offline ini Albata
    Kok jadi pengen ikutkan anakku juga
    Coba cari tahu ah

    ReplyDelete
  9. BIsa jadi pilihan untuk anak nih, buat belajar mngaji secara online apalagi pembelajarannya menyenangkan.

    ReplyDelete
  10. TPQ sekarang bisa diikuti secara online ya mbak. Keren banget sih Albata ini, inovasinya ga main-main. Anak jadi lebih semangat untuk belajar mengaji

    ReplyDelete
  11. Saya pernah ikutan webinar Albata mbak. Nara sumbernya dokter Zhara Vida dengan materi Montessori Islam. Albata emang ga cuma kelas ngAji online anak, tapi juga edukasike orang tua, bahkan yang belum jadi wali santrinya.

    ReplyDelete
  12. Lengkap juga ya kak, yang dipelajari. Pengajarnya juga ada kompetensinya lagi. Sekarang banyak pilihan kelas mengaji ya, bisa online maupun offline.

    ReplyDelete
  13. Wah keren nih, ada ya mengaji online. Keren nih, bisa ngaji ke Albata nih anak-anak...

    ReplyDelete
  14. Wah bagus dan lengkap nih kurikulum ngaji di Albata. Bagi orang tua yang ingin membekali anaknya tentang pelajaran agama, TPQ kids online Albata ini sangat recommended

    ReplyDelete
  15. mengaji online ini dinilai bisa lebih hemat ongkos dan hemat uang jajan, betul tidak? wkwk

    juga hemat waktu karena tidak melakukan perjalanan...
    oh hemat tenaga juga hehee

    ReplyDelete
  16. Bagusnya banget.. apalagi kurikulum yang digunakan juga keren menggunakan Montessori

    ReplyDelete
  17. Soalnya sekarang ngaji pun bisa secara online. Penasaran juga apakah semacam kelas online gitu? Jadi tetap ada interaksi sama teman-teman lain, atau sistemnya privat ya? Bagus ya Albata, ada aja idenya, supaya anak-anak tetap belajar agama.

    ReplyDelete
  18. Albata ini, kurikulumnya oaket komplit ya mbak. Related banget dengan situasi dan kondisi anak jaman now. Kebiasaan mengaji harus diajarkan sejak kecil. Albata bisa jadi solusinya

    ReplyDelete
  19. wah penasaran juga nih saya sama metode mengaji di albata. untuk saat ini anakku masih tpq offline sih di masjid dekat kantor jadi pulang sekolah dia kuantar tpq dulu baru nanti pulang bareng ke rumah sorenya

    ReplyDelete
  20. seneng ya sekarang belajar ngaji bisa online, nggak melulu harus offline jadi bisa dari jarak jauh.. apalagi program-programnya di albata ini lengkap sekali... enaknya lagi kalo online gini orang tua bisa mendampingi, jadi bisa tahu secara langsung progress anaknya belajar mengaji

    ReplyDelete
  21. Pengen banget masukin anakku ke ALBATA ini setiap baca artikel soal ALBATA jadi semakin mantap dan yakin klo ALBATA the best

    ReplyDelete
  22. Mantap sekali kurikulum dari Albata ini
    Bisa diakses secara daring juga ya mbak
    Pas buat anakku yang sekolahnya juga sudah blended learning

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah, anak2 jadi rajin ngaji yaaa... Sebenarnya mau offline ataupun online, asalkan metodenya menyenangkan, anak2 bakalan happy saat mengaji.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sudah ada yang online ya. Bisa lebih fleksibel nih. Cuma kudu brifing anak dulu karena berhubungan dengan gadget

    ReplyDelete
  25. Ini informasi yang bermanfaat, selain mengaji secara offline bisa ya diimbangi dengan mengaji online di Albata. Jadi pengen cari tahu mengenai biayanya juga nih

    ReplyDelete
  26. inofasi Albata memang mengena ya, pandai membaca kebutuhan di jaman yang moderen ini, TPQ online bisa menjadi solusi agar anak-anak tetap bisa ngaji dari rumah saja.

    ReplyDelete
  27. Albata inovatif nih, sudah menyediakan kelas online juga bagi yang tidak bisa offline.
    kurikulumnya pun lengkap dan bagus, sip deh, gak perlu ragu lagi

    ReplyDelete
  28. Rindu suasana anak-anak mengaji di sore hari yaa..
    Baca Iqra sembari main manjat-manjatan dan sepedaan. Ntar giliran dipanggil, baru deh nongol, hehehe.

    Anak sekarang alhamdulillah tetap bisa mengaji dengan bahagia bersama TPQ Kids Online Group Albata. Semoga bisa semakin cinta Al-Qur'an dan menjadi generasi rabbani.

    ReplyDelete
  29. Senang banget sih sekarang ini mengaji nggak mesti harus tatap muka. Sudah ada fasilitas dari lembaga pendidikan yang membuka kelas secara online. Emak-emak sibuk anter jemput anak saban hari, sangat terbantu dengan adanya kelas mengaji online dari Albata ini. Lumayan mengurangi rutinitas anter jemput hihi.

    ReplyDelete
  30. Dilihat di situsnya, Albata ini ternyata banyak ya program belajarnya, bahkan ada offline dan juga online. Keren sih banyak pilihan, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan orang tua untuk belajar anak-anak

    ReplyDelete

Post a Comment