Standar Penampilan Pribadi

17 comments

 

Menampilkan penampilan terbaik secara pribadi bukan hanya dilakukan oleh orang yang bekerja di bidang pelayanan. Berpenampilan menarik bagi para wanita tidak mesti dengan menampilkan polesan kosmetik terbaik yang kita miliki.

 

Ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi. Apa saja sih? Yuk, simak tulisan Jelajah Mia hingga akhir!

 

Standar Penampilan Pribadi

Sebelumnya Jelajah Mia memberikan rekomendasi TPQ Kids Online Group Albata, untuk sekarang Jelajah Mia akan bahas tentang standar penampilan pribadi.

 

Pentingnya Memperhatikan Penampilan Pribadi

Memperhatikan penampilan merupakan suatu hal yang penting. Bahkan saat kita bekerja,  di beberapa perusahaan, ada juga yang membebaskan karyawannya untuk berpenampilan sesuai keinginan mereka asalkan tetap sopan.

 

Sebagai seorang karyawan yang baik, kita harus menjaga penampilan saat bekerja si kantor. Terutama ketika kita bekerja yang erat kaitannya dengan bidang pelayanan.

 

Dalam kegiatan layanan bisnis, penampilan pribadi berkaitan dengan citra atau image sebuah perusahaan. Untuk itu penting bagi petugas atau pegawai untuk selalu menerapkan standar penampilan pribadi ini.

 

Tidak hanya bagi para pekerja di kantor saja yang harus memperhatikan penampilan, saat kita beraktivitas dirumahpun perlu untuk memperhatikan penampilan pribadi. Kita tidak pernah tahu ketika tiba-tiba kedatangan tamu atau ketika harus keluar rumah walau hanya sekedar membeli kebutuhan rumah.

 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi. 

Hal Yang Diperhatikan Dalam Penampilan


Bagaimana saja sih hal yang harus diperhatikan saat standar penampilan pribadi secara umum?

1. Kesehatan

Kesehatan merupakan faktor penting yang menunjang pekerjaan baik yang bekerja di kantor ataupun para ibu rumah tangga. Untuk itu kesehatan  harus terjamin dan terjaga.

 

Terjamin berarti ketika bekerja, kesehatan kita dijamin oleh pihak ketiga dan bagi ibu rumah tangga kita perlu memiliki BPJS ataupun asuransi kesehatan yang mendukung kesehatan kita.

 

Tentu sudah tidak asing dengan istilah, “Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Kita tidak mungkin bisa melakukan apapun bila tidak didukung dengan tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat akan menampilan penampilan terbaik kita.

 

2. Penampilan Prima

Penampilan prima merupakan penampilan diri seseorang yang terbaik dan menarik. Dalam hal ini seseorang harus berupaya memiliki standar penampilan prima. Standart penampilan prima seseorang dapat dilihat dari apa saja?

a. Kesehatan tubuh.

b. Perawatan anggota tubuh.

c. Berbudana serasi dan tepat.

d. Bermake-up dan menggunakan asesories yang wajar.

 

Untuk penampilan prima sering kita kenal dengan personality grooming. personal grooming merupakan penampilan diri secara keseluruhan. Penampilan diri mencerminkan kepribadian seseorang serta akan selalu meninggalkan kesan.

 

Dari kepribadian tersebut pula, karakter diri dapat terbentuk dan akan memberikan kesan untuk orang lain. Ia tidak hanya fokus kepada penampilan yang terlihat oleh mata saja, aspek lain seperti etika, pengetahuan, bahkan mindset juga menjadi bagian dari personal grooming.

 

3. Kepribadian dan Etiket.

Pengertian kepribadian Secara umum kepribadian adalah semua corak kebiasaan manusia yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan, baik yang datang dari luar maupun dalam. Keperibadian seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti.

a. Faktor biologis

Faktor biologis, atau hubungan sedarah yang membentuk fisik kita tidak jauh berbeda dengan orang tua kita.

 

b. Faktor kultur

Faktor kultur dan peradapan, merupakan sejarah hidup manusia dalam kehidupannya di masyarakat.

 

c. Pendidikan

Pendidikan, factor ini member kemampuan pada penyelesaian masalah.

 

d. Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan belajar pertama yang dialami seseorang, sehingga factor keluarga menjadi faktor yang dominan dalam membentuk kepribadian seseorang.

 

e. Faktor sosial dan lingkungan, status sosial

Lingkungan pergaulan ditempat tinggal, budaya, adat istiadat juga mempengaruhi kepribadian seseorang.

 

Memiliki penampilan yang menarik dapat memberikan berbagai keuntungan, seperti meningkatkan percaya diri, membuka pintu kesempatan, menciptakan persepsi positif, mempengaruhi orang lain, dan mendorong perawatan diri yang baik.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa penampilan hanyalah satu aspek dari kepribadian seseorang, dan nilai-nilai sejati seseorang seharusnya tidak hanya bergantung pada penampilan fisik.

 

Bagaimana dengan standar penampilan yang sobat Jelajah Mia lakukan?

 

 

Related Posts

17 comments

  1. Ehem..penampilanku kayak apa ya? Minimalis pastinya. Ga nyama pake aksesoris. Kasual banget. Dan sayangnya aku ga punya konsultan penampilan yang bisa diandalkan buat ditanya-tanya atau bisa ngasih advis

    ReplyDelete
  2. Ih suka sekali ulasannya yang singkat, padat. Kalau aku suka minimalis

    ReplyDelete
  3. Penampilan menunjang rasa percaya diri. Aq setujumK

    ReplyDelete
  4. Penampilan yang prima juga ditunjang oleh wawasan seseorang, menurutku, ya. Seorang yang berwawasan luas, akan terlihat smart, lebih percaya diri, bicaranya berbobot dan mampu membawa diri. So, meski menjadi ibu rumah tangga, terus belajar itu wajib ya...

    ReplyDelete
  5. Nah aku setuju ada berbagai faktor yg mempengaruhi penampilan seseorang. Namun penampilan yg baik ditunjang oleh rasa percaya diri juga. Perilaku juga nomor satu sih.

    ReplyDelete
  6. Setuju dengan kondisi bahwa Kesehatan itu penting banget, karena dengan badan yang sehat pastinya akan menunjang banget untuk bisa tampil prima. Kalau ga sehat mau tampil prima sepertinya akan susah , ya

    ReplyDelete
  7. kalau menurut saya sih kunci utamanya ya sehat, pasti akan berpengaruh banget pada penampilan kita.

    ReplyDelete
  8. kata orang jangan menilai buku dari sampulnya, tapi setiap buku tentunya punya standar masing-masing kan ya
    bagi saya sehat itu penting karena orang yang sehat akan lebih antusias untuk melakukan aneka aktivitas dan tentunya nyaman dipandang

    ReplyDelete
  9. Terkadang penampilan seseorang berbanding terbalik dengan keseharian di rumah. Menjadi sehat itu impian banyak orang menurut saya. Dengan badan yg sehat kita bisa melakukan aktivitas apapun

    ReplyDelete
  10. penting banget ya memang punya penampilan yang baik, apalagi jika dia sering tampil didepan publik.

    ReplyDelete
  11. Setuju mba....saya termasuk yang gak bisa kalau keluar rumah gak rapi yaa minimal bedakan dan baju rapi

    ReplyDelete
  12. Yup Setuju banget kalau penampilan itu mencerminkan image. kalau Bu Guru suka penampialan yang begimane nih? Aku mau nyontek nih. Sekali-kali bahas fashion stylish ala bu guru yaaa.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget sama poin kepribadian dan etiket. Kepribadian yang menyenangkan pastinya bisa membuat seseorang tampak lebih menarik.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget sama kalimat ini "penting untuk diingat bahwa penampilan hanyalah satu aspek dari kepribadian seseorang, dan nilai-nilai sejati seseorang seharusnya tidak hanya bergantung pada penampilan fisik."

    ReplyDelete
  15. kurang foto dan contohnya ini mbak, hhhhi. Penampilan pribadi menjadi ciri khas seseorang dikenal, siapa diri kita ya. Apalagi kalau sering keluar atau pekerja publik, penampilan penting banget untuk diperhatikan. Biar vibesnya selalu positif

    ReplyDelete
  16. Jadi inget, waktu kuliah aku sering pakai baju warna gelap. Aku pikir, itu kan suka-suka aku mau pakai baju warna apa. Ternyata ada temenku yg memperhatikan dan nasihatin. Penampilan itu penting. Apalagi aku orangnya pendiem. Jadi keliatan suram gitu wkwk

    Setelah nikah, suamiku jadi stylist-ku haha. Ternyata emang ngaruh. Pakai baju yang lebih berwarna, bercorak, bantu boost kepercayadirian juga

    ReplyDelete
  17. Kalo dari segi penampilan aku suka yg simple dan gak ribet tapi tetap rapi. Yg penting diri sendiri nyaman dan menyesuaikan dengan keadaan sekitar.

    ReplyDelete

Post a Comment