Pemahaman Sederhana Tentang Genosida

6 comments

Apa itu genosida? Istilah yang muncul terutama saat bencana kemanusiaan menimpa saudara-saudara kita di Palestina. Jelajah Mia akan ajak Sobat Jelajah Mia untuk memahami genosida secara sederhana.

 

Pemahaman Sederhana Tentang Genosida

Istilah Genosida Pertama Kali Di Dengar

Apa itu genosida? Genosida adalah pembunuhan secara massal untuk memusnahkan suatu kelompok tertentu. Biasanya, genosida ditujukan kepada orang-orang yang berada di suatu perkumpulan.

 

Dari beberapa literasi yang Jelajah Mia baca, istilah genosida semakin sering dikenal masyarakat masyarakat sejak tragedi pembantaian kaum Yahudi oleh di Jerman oleh Adolf Hitler dan kelompok Nazi. Lalu apa sih genosida itu? Berikut Jelajah Mia akan ajak memahami pengertian genosida itu sendiri.

 

Apa Itu Pengertian Genosida?

Dikutip dari KBBI, genosida adalah pembunuhan besar-besaran secara berencana terhadap suatu bangsa atau ras. Adapun menurut situs Museum Memorial Holocaust Amerika Serikat, genosida adalah tindakan yang dilakukan untuk menghancurkan, seluruhnya atau sebagian, suatu kelompok bangsa, etnis, ras atau agama.

 

Menurut Konvensi Genosida Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1948, yang mulai berlaku pada tahun 1951.Genosida didefinisikan pada pasal dua konvensi, genosida sebagai tindakan apa pun yang "dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok bangsa, etnis, ras atau agama.”

 

Menurut definisi PBB, genopsida dapat mencakup pembunuhan, menimbulkan luka serius baik fisik atau mental atau kondisi yang mengancam jiwa, tindakan untuk mencegah kelahiran dan pemindahan paksa anak-anak.

 

Lalu tindakan apa saja yang bisa dikatakan sebagai tindakan genosida?

 

 

Macam-macam Tindakan Genosida

Genosida merupakan penghabisan orang-orang dalam suatu kelompok tertentu. Tindakan genosida dapat meliputi:

1. Membantai anggota kelompok

2. Menyebabkan kerusakan fisik atau mental yang serius terhadap anggota kelompok

3. Secara sengaja memberikan kondisi hidup yang tidak menyenangkan kepada kepada kelompok masyarakat yang diperhitungkan akan menimbulkan pengrusakan fisik secara keseluruhan atau separuhnya

4. Menerapkan tindakan-tindakan yang dimaksudkan untuk mencegah kelahiran di dalam kelompok masyarakat

5. Secara paksa memindahkan anak-anak dari suatu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lainnya.

 

Pertanyaannya, di Indonesia pernah ada Genosida atau tidak? Dalam berbagai pendapat ada banyak contoh Genosida tapi Jelajah Mia mau coba bahas sedikit satu peristiwa Genosida yang pernah terjadi di Indonesia.

 

Pembantaian Westerling

Pembantaian Westerling dilakukan oleh pasukan elite Belanda di bawah pimpinan Raymond Pierre Paul Westerling di Sulawesi Selatan. Pembantaian ini berlangsung pada akhir tahun 1946 hingga awal tahun 1947, yang diperkirakan mengakibatkan 40.000 orang meninggal.

 

Peristiwa ini terjadi akibat teror yang dilakukan oleh para pejuang di Sulawesi Selatan kepada tentara Belanda. Menjawab teror tersebut, Belanda, yang belum mengakui kemerdekaan Indonesia, memerintahkan Westerling untuk melawan para pejuang di Sulawesi Selatan.

 

Begitu sampai di Sulawesi Selatan, Westerling langsung memerintahkan pasukannya untuk membunuh penduduk yang dicurigai sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia.

 

Penutup

Demikian pemahaman sederhana tentang genosida dan beragam contoh tragedi yang pernah terjadi di Indonesia.

 

Secara peristiwa memang tidak untuk dibayangkan tapi tak ada salahnya untuk kita memahami peristiwa tersebut sebagai sebuah pembelajaran dan peringatan.

 

Sumber :

https://www.dw.com/id/definisi-genosida-menurut-hukum-internasiona/a-67354199  

https://www.kompas.com/stori/read/2021/12/15/080000279/5-kejahatan-genosida-yang-pernah-terjadi-di-indonesia


Related Posts

6 comments

  1. Ngeri banget ya Teh genosida ini, dan ternyata di negara kita juga pernah terjadi genosida, benar-benar di luar batas kemanusiaan untuk sebuah ego kelompok atau pribadi

    ReplyDelete
  2. Istilah genocide baru ku pahami karena gerakan #freePalestine ini mbak. Rupanya, di Indonesia pernah terjadi genocide juga ya.
    Dan... meskipun telah ada bukti nyata terjadinya genosida di Palestine, nyatanya pebebe nggak bisa ngapa-ngapa yak. Mari kita gunakan jalur langit saja agar genocide yang terjadi di Palestine segera berakhir.

    ReplyDelete
  3. Saya ingat saat pelajaran sejarah pada waktu SD pernah membahas pembantaian Westerling ini. Namun, baru sekarang setelah kata "genosida" populer semenjak kejadian Palestina-Israel, saya baru menyadari di Indonesia pun pernah terjadi genosida. Memang seram kalau dibayangkan, semoga saudara kita di Palestina merdeka secepatnya.

    ReplyDelete
  4. Sungguh sangat kejam, pembantaian tanpa rasa kemanusiaan. Semoga Israel segera terusir dari Gaza dan Palestina.

    ReplyDelete
  5. serem sekali ya kalau harus menyaksikan peristiwa Genosida atau pembunuhan besar-besaran ini, seperti halnya kasus pembunuhan massal kaum Yahudi oleh Hitler. tapi kenapa sekarang mereka berbalik menyerang Palestin yaa. Ya Allahu semoga semuanya segera berakhir. TFS kak.

    ReplyDelete
  6. Ngeri banget kalau lihat genosida secara langsung mengingat lihat kucing mati aja rasanya sedih bangettt

    ReplyDelete

Post a Comment