Pentingnya Self Award Untuk Diri Sendiri

20 comments

 

Jelajah Mia pernah bahas tentang hadiah sebagai apresiasi diri, sebenernya apresiasi diri itu apa istilahnya? Yups, self reward, lalu apa pentingnya self reward untuk diri sendiri? Simak artikelnya hingga akhir, ya!

 

Pentingnya Self Award Untuk Diri Sendiri

Apa itu self reward?

Secara makan self reward adalah bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengapresiasi pencapaian yang telah diperoleh diri sendiri. Dari definisi tersebut maka, self reward bisa termasuk dalam self love.

 

Self reward adalah salah satu bentuk penghargaan untuk diri sendiri. Misalnya, ketika kamu berhasil mencapai goal atau impianmu, jangan lupa untuk memberikan selamat pada diri sendiri.

 

Bukan hanya ucapan selamat, cara menghargai diri sendiri dengan self reward juga bisa dilakukan dengan cara membeli barang atau sesuatu yang memang diinginkan.

 

Ada banyak cara untuk menghargai diri sendiri, namun self reward dirasa paling tepat karena  membuat diri kita merasa bahagia. Kala kamu masih sering menganggap sepele self reward, ketahui poin-poin penting memberikan penghargaan pada diri sendiri, yuk!

 

Pentingnya Self Award Untuk Diri Sendiri

1. Bukti Bahwa Kamu Mencintai Diri Sendiri

Kalau bukan kita yang menghargai diri sendiri, lalu siapa lagi? Self reward bukan sekedar sebuah cara menghargai diri sendiri, tetapi juga sebagai bentuk bahwa kamu mencintai hidup dan dirimu sendiri. Tak ada yang lebih bisa menghargai dan menyayangi diri kita selain diri sendiri.

 

Bayangkan, kalau sobat Jelajah Mia sudah melakukan usaha yang keras dan mencurahkan segala hal untuk mewujudkan impian, lalu kamu menghadiahi diri sendiri ucapan selamat atau barang yang memang sudah kamu inginkan sejak lama.

 

Tentu membuat hati bahagia dan semangat untuk mengejar impian dan kerjaan berikutnya.

 

2. Penting untuk Kesehatan Mental

Self reward adalah cara terbaik untuk melepas penat dan stres. Boleh dibilang, self reward ini adalah sarana untuk memanjakan diri. Saat kita merasa rileks dan bahagia, maka kita akan lebih segar dan bersemangat untuk memulai aktivitas lainnya.

 

Saat kita sedang bahagia, otomatis akan memancarkan energi positif bagi lingkungan sekitar. Jadi, jangan ragu untuk memberikan penghargaan untuk dirimu sendiri, ya!

 

3.  Sebagai Motivasi Diri Untuk Lebih Baik Lagi

Saat masih kecil, saat orang tua kita memberikan hadiah ketika mendapat nilai bagus atau menuntaskan tugas yang disuruh oleh orang tua kita.

 

Coba ingat-ingat kembali, bagaimana perasaan Sobat Jelajah Mia saat itu? Pasti senang dan bersemangat untuk berikutnya mengerjar hadiah-hadiah selanjutnya.

 

Mengapa Jelajah Mia mengajak untuk beranalogi pada situasi masa kecil, karena begitu sederhananya memunculkan perasaan bahagia. Ada perasaan bahagia yang akan menjalar dalam dirimu.

 

Secara tidak langsung, kamu pun juga akan memotivasi dirimu sendiri untuk menjadi lebih baik lagi agar tetap bisa memberikan penghargaan pada diri sendiri di masa yang akan datang.

 

Self Reward di 2023

Sebagai bentuk self reward untuk diriku sendiri yang sudah bisa tetap bertahan untuk tetap konsisten membaca dan membuat review buku, diriku membeli sebuah tas. Sederhana sih, tapi untuk ukuran emak-emak untuk beli sesuatu pasti banyak mikirnya, betul tidak?

 

Tas Bentuk Self Award 2023

Memang secara kebutuhan sudah butuh tas bentuk kecil juga. Secara si saya tipe yang bakal beli sesuatu kalau udah rusak dan benar-benar sudah tidak bisa terpakai.

 

Sistem untuk membeli barangnya pun sangat unik, yaitu dengan cara menabung. Loh kok bisa? Iya, saya mengikuti salah satu program tantangan yaitu #GocengChalleng.

 

Apa itu #GocengChallenge ? #GocengChalleng adalah tantangan selama satu tahun untuk menabung goceng alias lima ribu rupiah setiap selesai membaca satu buku. Apakah harus selalu lima ribu rupiah?

 

Pokoknya setiap membaca ya wajib nabung! Nanti tabungan kita dibongkar deh pada saat akhir tahun dan beli sesuatu yang hal kita inginkan, ga mesti jadi buku juga.

 

Berapa buku yang dibaca selama 2023? Buku apa saja? Buat tulisan berikutnya, ya!

 

Penutup

Nah, sudah tahu jenis self reward yang akan kamu berikan pada dirimu sendiri? Jangan ragu untuk membuat goal atau tujuan dan menyiapkan self reward apabila kamu sudah berhasil mewujudkan pencapaian tersebut.

 

Cintai dirimu sendiri dengan memberikan penghargaan yang tepat atas pencapaianmu. Tetap semangat dan selalu bahagia, ya!


Related Posts

20 comments

  1. Self reward yang kusukai beli tanaman atau sayur yang ga biasa. Ada yang sama? Tapi udah jarang banget deh kayaknya. Banyakan mikirin buat anak-anak kali ya. Ide #gocengchallenge itu menarik banget mbak. Menurutku manfaatnya biar kita ga terlalu merasa bersalah kalo ngeluarin uang buat diri sendiri ya. Kan sebenarnya udah terprogram. Dan kita bisa enjoy it. Bisa ditiru nih!

    ReplyDelete
  2. Sudah lama nih, tidak kasih reward untuk diri sendiri. Targetnya banyak, tapi somehow rasanya sudah puas kalau sudah bisa nyilang tulisan targetnya di to-do list. Menurut Mbak, apakah menyilang to-do list ini juga merupakan self-reward, atau saya perlu menyediakan self-reward selain itu? Pengen juga punya tas baru. Hihihi..

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu anak2 kecil aku jarang self reward, makin umur nambah makin belajar bahws self reward penting untuk menjaga kewarasan, peduli dan cinta diri sendiri. Bahkan sekarang kalau mau beli apa yang aku suka. Beli jika mampu. Gak terlalu dihemat bgt haaha.

    ReplyDelete
  4. Wah menarik yaa.. Selama ini aku awardnya drakoran di akhir pekan. Setelah Senin sampai Jumat gradak gruduk. Wkwk..

    ReplyDelete
  5. Benar sekali mengapresiasi diri sendiri adalah hal yang sangat penting lho dalam hidup

    ReplyDelete
  6. Wow unik nih goceng challenge nya. Saya kepikiran buat ikutan juga ah dengan idenya itu...
    Secara kalau self reward saya memang selalu mengusahakan. Karena kalau bukan saya selama ini gak ada yg pernah memperhatikan hehe

    ReplyDelete
  7. Kak Miaa.. tas Kamsa-nya canciii sekalii..
    Self reward membuat kita menghargai setiap tangga dan keberhasilan sekecil apapun yang sudah kita capai yaa.. Aku suka dengan ide #gocengchallenge.
    Nuhun, ka Miaa..

    ReplyDelete
  8. Menarik nih tantangannya Teh, rasanya bangga ya dengan pencapaian yang sudah dilakukan sehingga memicu diri untuk berbuat lebih baik lagi
    kalau bukan diri sendiri yang menghargai, siapa lagi ya Teh

    ReplyDelete
  9. Penting banget self reward ini ya mbak, apalagi bagi emak2 bener banget mikir dulu kalau mau beli sesuatu, tapi selalu bisa beli apapun buat anak, beli baju mahal mikir dulu giliran anak aja langsung beli aja. Kalau aku lebih ke skincare sama makanan self reward-nya, haha. Kalau udah nulis terus aku pokoknya beli seblak prasmanan gitu aja udah seneng, wkwkwk.

    ReplyDelete
  10. Setuju mba self reward itu penting sih. Ga harus yang wow, self reward kecil pun rasanya sangat perlu dilakukan.

    Karena dengan meng-apresiasi diri artinya telah memberi rasa bangga dan terima kasih pada diri yang sudah hebat hingga detik ini.

    Dan, diri akan terus bersemangat untuk lebih baik dan do best for everything in own life.

    ReplyDelete
  11. Wah seru ya kak kalau ada challenge untuk kasih reward ke diri sendiri. Udah lama nih ada wish list

    ReplyDelete
  12. Bener juga ya, self award untuk diri sendiri ternyata penting ya. Saya malah nggak kepikiran. Ketika saya dapat pencapaian kemarin saya mikir buat ngasih hadiah ke orang lain dulu

    ReplyDelete
  13. Saya termasuk yang jarang kasih self reward, deh. Barangkali mungkin harus mulai mencoba ya, supaya lebih semangat di tahun baru ini. Hehe. Terima kasih inspirasinya, Kak.

    ReplyDelete
  14. Wah masyaAllah, selama ini bentuk self reward saya kecil-kecilan seperti beli makanan atau minuman untuk diri sendiri. Hehe. Seru banget kalo beli untuk self reward pakai sistem nabung gitu, jadi lebih semangat deh

    ReplyDelete
  15. Sampai sekarang pun, aku masih sering lho self reward. Bikin puas dan bisa mengembalikan kepercayaan pada diri sendiri.... biasanya rewardnya berupa gadget dan perlengkapannya.

    ReplyDelete
  16. self reward saya dulu biasanya shopping. tapi sekarang lebih kepada investasi. jika ada kelebihan duit atau ada rezeki beli LM. karena untuk masa depan di hari tua juga. paling self reward kecil kecilan, makan makanan enak yang saya sukai di bistro sambil santai setelah aktifitas yang padat beberapa hari

    ReplyDelete
  17. Eh aku juga tertarik nih kak buat nabung goceng. Soalnya aku termasuk orang yang lumayan konsumtif hiks. Thank you kak ya udah menginspirasiku

    ReplyDelete
  18. Asik juga nih Gocheng Challenge. Bisa nambah koleksi buku juga pad aakhirnya. Inovasi bagus ini

    ReplyDelete
  19. ya bener, adakalanya kita harus memberi self award pada diri sendiri. bukan adakalanya, tetapi harus rutin dan terjadwal. Sebab yang wajib membahagiakan kita ini, jiwa dan raga kita ini ya kita sendiri.

    ReplyDelete
  20. Self reward saya sih jalan jalan, makan kulineran hehe..seru aja menikmati hari di luar seharian refreshing barang sejenak agar kembali fresh besok nya

    ReplyDelete

Post a Comment