Rekomendasi Buku Misteri yang Seru!

24 comments

 

Apa itu misteri? Konon katanya, misteri adalah memecahkan hal yang tidak dapat dijelaskan adalah sebuah kisah yang sudah lama ada.

 

Siapa disini yang suka baca buku misteri? Masih bingung mau baca buku yang mana? Sini, jelajah mia bisikin rekomendasi buku misteri yang seru! Baca hingga akhir, ya!

 

Rekomendasi Buku Misteri yang Seru

Serunya Buku Misteri

Sebuah kisah misteri yang kerap membuat kita banyak bertanya-tanya bagaimana ending yang akan didapatkan memang terkadang bikin ketagihan untuk diikuti. Oleh karena itulah, saat ini semakin banyak rekomendasi novel misteri yang bisa sobat jelajah mi abaca.

 

Kisah dalam beberapa film dengan genre misteri juga terkadang ada yang diadaptasi dari novel. Ini yang menyebabkan jumlah peminat novel genre misteri juga terus bertambah, baik novel fisik maupun novel digital seperti e-book masih sama-sama digemari.

 

Belum lagi banyaknya podcast dan penelurusan di beberapa kanal aplikasi video yang membuat peminat misteri semakin banyak.

 

Sebelum masuk ke rekomendasi buku misteri yang seru, sobat jelajah mia tahu tidak, buku mana saja yang termasuk ke dalam kategori misteri?

 

Jenis Misteri

Genre misteri sangat besar, dengan banyak sub-genre (dan sub-sub genre) di dalamnya. Inilah yang terbesar. Apa saja?

 

1. Fiksi Detektif

Fiksi Detektif adalah kategori yang paling mengidentifikasi setiap orang dengan misteri. Sub-genre yang luas ini mencakup detektif yang menyelami petunjuk dan memecahkan misteri.

 

2. Thriller

Thriller lebih didorong oleh plot, penuh aksi, dan penuh momen yang mengharukan dibandingkan kebanyakan misteri lainnya. Bisa dibilang pada sub genre ini yang disebut, hal paling menyeramkan dari hantu adalah manusia.

 

Karena kita tidak pernah tahu yang nampak baik ternyata menyimpan jiwa penjahat berhati dingin dengan gangguan psikologis tak terdeteksi.

 

3. Kejahatan Sejati

Kejahatan Sejati telah populer selama bertahun-tahun, berkat pemberitaan dramatis di surat kabar tentang kejahatan dan akibat yang ditimbulkannya. Pada umumnya, kisah ini seputar misteri kehidupan nyata.

 

4. Misteri Nyaman atau Misteri Rumah Tangga

Misteri Nyaman atau Misteri Rumah Tangga paling sering dipecahkan oleh detektif amatir, dan kejahatan terjadi di luar halaman, menjadikannya tidak terlalu mengerikan.

 

Karakter tak terduga membantu menyelesaikan kejahatan, tempat-tempat yang familiar seperti toko buku, perpustakaan, dan toko roti juga menonjol.

 

5. Misteri Supernatural atau Paranormal

Misteri Supernatural atau Paranormal menyelidiki penampakan hantu, UFO, atau misteri lain yang tidak dapat dijelaskan. Tentu bila di Indonesia bisa disebut misteri itu selalu berhubungan dengan hantu, penampakan dan bahkan hal-hal lain yang terkait dengan kepercayaan turun temurun.

 

6. Misteri Sejarah

Misteri Sejarah menghidupkan masa lalu dan misterinya. Contohnya seperti A Morbid Taste for Bones karya Ellis Peters , buku pertama dalam seri Cadfael Chronicles yang sangat dicintai, mengikuti seorang biarawan Benediktin Welsh di abad ke -12 ketika ia mencoba memecahkan pembunuhan yang terkait dengan jenazah suci.

 

7. Perampokan dan Caper

Perampokan dan Caper menyenangkan untuk dibaca karena hampir selalu diceritakan dari sudut pandang penjahat. Sebuah kisah perampokan klasik yang menarik, selalu ingin kita baca hingga tuntas karena penasaran dengan intrik dan strategi yang digunakan.

 

Rekomendasi Buku Misteri yang Seru

Lalu setelah sub genre misteri ini dipaparkan, jenis misteri apa yang sobat jelajah mia suka? Nah, sekarang Jelajah Mia mau kasih rekomendasi buku misteri yang seru, buku ini jelajah mia baca selama 2023.

 

1. Misteri posko 10

Buku misteri posko 10 karya Erwin Widiasworo mengisahkan tentang hidup kita selalu bersinggungan dengan makhluk tak kasat mata. Apalagi ketika kita sebagai orang baru justru mengganggu mereka yang sudah menempati tempat tersebut.

 

Novel Misteri posko 10

Kisah dari Wina, Unik, Ana, Widya, Ncuz, Relix, Dewi, Xeva, Udin dan Hadi. Satu persatu merasakan suasana berbeda dari rumah yang mereka tempati selama KKN. Bukan tak ingin saling bercerita, tapi mereka memutuskan untuk tidak memperpanjang.

 

2. Bayangan Kematian

Novel Bayangan Kematian karya Lexie Xu & Erlin Cahyadi Menceritakan persahabatan antara Erin dan Lusi yang memiliki dunia berbeda. Dilihat dari segi judul, sudah jelas ini adalah genre thriller.

 

Novel Bayangan Kematian

Suatu hari Erin dan Lusi yang berada di ruang musik lama menyaksikan pembunuhan. Dari kejadian itu, mereka mengalami berbagai kejadian hingga sang pembunuh mengancam hidup Erin.

 

Dark teen ini cocok untuk remaja, dengan gaya bahasa yang ringan, dibumbui humor dan kisah cinta ala remaja banget

 

3. Misteri Tangisan di Kelas Enam

MisteriTangisan di Kelas Enam karya Denkus mengangkat cerita mistis yang umumnya sudah beredar terutama bagi kita saat di sekolah.

 

Novel Misteri Tangisan di Kelas Enam

Yups, berkisah tentang hantu penunggu sekolah karena nyatanya sekolah tidak hanya digunakan sebagai tempat belajar saja, tetapi juga digunakan sebagai tempat tinggal para makhluk astral.

 

Afgan, seorang murid baru yang menempati bangku kosong di kelas ini. Bukannya mendapat ketenangan di sekolah barunya, tetapi Afgan malah diganggu Agnes, teman sebangkunya yang ternyata hantu. Hal inilah yang membuat Chloe, Cika, Brandon, dan Afgan menyelidiki kematian Agnes.


4. Teror Diari Tua

Konflik yang terdapat dalam novel karya Arumi E sangat sederhana. Dimana pada awalnya kehidupan normal, tiba-tiba menjadi penuh teror setelah mereka menemukan dua buah diari tua di halaman belakang sekolah.

 

Novel Teror Diari Tua

Jelajah mia sangat menikmati konflik yang sederhana ini. Cerita yang berhasil mengemas tentang persahabatan remaja yang dibalut dengan unsur horor secara baik.


5. Hilang Dalam Dekapan Semeru

Siapa yang suka mendaki gunung? Atau sukanya cuma hiking aja? Bagi suka mendaki, saat proses mendaki, kamu bisa saja tersesat dan menjelajahi dunia yang belum pernah diketahui. Yesss, buku ini adalah kumpulan dari beberapa cerita yang dialami oleh hampir semua tokoh utama di dalam buku  Hilang Dalam Dekapan Semeru.

 

Novel Hilang Dalam Dekapan Semeru

Buku yang sangat mencekam dan juga menyedihkan. Bagi para pengikut youtube RJL5 tentu nampak tidak asing dengan semua cerita pada buku ini. Buku yang memang dikemas dalam bentuk tulisan, sensasi antara menonton podcast dan membaca buku tentulah berbeda.


6. 1000+ Sejarah yang Masih Misteri

Buku yang membahas tentang sejarah yang masih misteri. Apa saja yang dibahas?

10 organisasi paling tertutup di dunia

10 tokoh sejarah paling misterius di dunia

10 peristiwa paling misterius di dunia

10 kematian paling misterius

10 kebetulan paling menakjubkan

10 penemuan arkeologi mencengangkan

10 naskah paling misterius di dunia

10 simbol terkenal dengan sejarah panjang

10 mitologi yang terbukti nyata

10 pesan tersembunyi lukisan bersejarah

10 kisah konyol dalam sejarah

10 perang teraneh dan membingungkan

12 hal misterius dalam sejarah Indonesia

 

Buku 1000+ Sejarah yang Masih Misteri

Buku ini dilengkapi dengan gambar sehingga kita lebih bisa memahami isi buku ini. Buku yang cocok dibaca untuk yang suka sejarah sekaligus misteri


7. Lapangan Golf Maut (Murder on the Links)

LapanganGolf Maut adalah novel karya Agatha Christie, murder on the Links bila dalam judul aslinya Buku yang kubaca dalam bentuk komik, ada beberapa judul yang lain juga.

 

Novel Lapangan Golf Maut (Murder on the Links)

Cerita yang ber-genre lengkap mulai kriminalitas, misteri dan thriller, detektif dan juga ada kisah romantis yang manis di dalamnya

 

Salah satu masalah inti yang diangkat dan dibahas di novel ini adalah saat kantor detektif ini mendapat surat dari Perancis dan pengirimnya bernama Mr. Renauld. 


Mr. Renauld meminta Poirot untuk segera datang ke Perancis karena ia merasa terancam pembunuhan, akhirnya Poirot ditemani Kapten Arthur Hastings mendatangi Villa Genevieve, Merlinville di Kota Paris.


Penutup

Demikian 7 rekomendasi novel misteri yang bisa sobat jelajah mia pilih untuk mengisi waktu luang dan mengasah pikiran layaknya seorang detektif atau menelusuri segala hal tentang misteri kehidupan dalam berbagai hal.

 

Sobat jelajah mia mau rekomendasi buku misteri yang akan jelajah mia baca? Komen, ya! Adakah yang tertarik untuk baca salah satu buku rekomendasi yang jelajah mia infokan?


Related Posts

24 comments

  1. Hilang dalam dekapan semeru sepertinya seru yaa.....Kalau saya suka baca buku bukunya Risa Saraswati...

    ReplyDelete
  2. Saya suka misteri yang berbau thriller, bikin adrenalin kita terbawa-bawa, kaya naek rollercoster.. hehe.
    Agatha Christie juga kalau masalah misteri salah satu penulis andalan yang tak diragukan lagi. recommended

    ReplyDelete
  3. Aku sudah lama banget engga baca buku misteri. Engga ada waktu dan engga tahu juga mau baca yang mana. Tapi gara-gara baca buku rekomendasi di sini, jadi kepengen deh. Soon semoga bisa deh baca buku misteri.

    ReplyDelete
  4. Buku-buku yang direkomendaaikan sangar menarik nih kayaknya. Pengin baca yang Hilang Dalam Dekapan Semeru. Buku-buku ini bisa dibeli dimana mbak?

    ReplyDelete
  5. Nuhun, kaa.. Aku jadi tertarik banget sama 1000+ Sejarah yang Masih Misteri.
    Akutu suka banget baca novel misteri. Tapi suka gak ada ide mau baca apa yaa.. Rata-rata skarang tuh.. buku terjemahan.

    ReplyDelete
  6. Aku suka banget buku fiksi yang ada genre sejarahnya, tapi aku suka juga buku-buku Agatha Christie, jadi kangen baca buku misteri, kadang cerita ini terbawa ke alam mimpi apalagi kalau alurnya aku suka.

    ReplyDelete
  7. Bacaan misteri emang seru, tapi kalau yang horor gitu kurang suka aku. Baca buku misteri emang bermanfaat untuk mengasah pikiran layaknya seorang detektif dalam menelusuri segala hal tentang misteri kehidupan. Pinjam bukunya dong, tapi enggak dipulangin.

    ReplyDelete
  8. Cerita misteri bikin kita deg deg an alur cerita demi ceritanya.

    ReplyDelete
  9. Kebetulan beberapa waktu lalu sempat tertarik dengan kisah-kisah misteri dari pengalaman orang-orang yang mendaki gunung. Walau belum pernah baca melalui buku, tapi pengalaman mereka cukup membuat merinding sih. Memang di mana pun manusia tidak boleh jumawa. Harus selalu memohon perlindungan Allah Yang Mahakuasa.

    ReplyDelete
  10. buku nomor 1, 2, dan 3 sepertinya seru ya. tp aku sbnrnya suka misteri thriller gitu. kadang plot twist endingnya

    ReplyDelete
  11. Misteri jadi salah satu genre yang aku suka. Apalagi kalau nonton film atau serial gitu aku lumayan sering nonton yang bergenre misteri mix genre lain. Tapi sejauh ini aku belum banyak baca buku misteri secara full, tapi ada beberapa buku misteri yang aku suka banget kayak Touche. Soalnya kalau baca misteri itu seru dan Jadi nembak-nembak siapa Ada apa walaupun ya ujung-ujungnya hanya menjadi misteri

    ReplyDelete
  12. Nah, aku sendiri suka buku misteri detektif atau sejarah gitu sih kak. daripada misteri yang horor ya, anaknya suka kebayang aja, bhahaha.

    ReplyDelete
  13. Aku jujur takut baca buku misteri, takut kebawa-bawa mimpi, karena imajinasi yang terbangun di otak pembaca bisa berbeda-beda tiap orangnya dan bisa lebih seram.

    ReplyDelete
  14. Wah wah wah, aku suka banget terutama detektif dan thriller. Ternyata kalau diurai bisa banyak banget jenis misteri. Thx rekomennya! Otw cari digital di ipusnas sama RBK

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk yg agak tertantang untuk baca novel misteri, tapi di sisi lain kadang ngerasa ngeri juga dengan adegannya yg mungkin kejam, atau muncul adegan beraura horornya.

    ReplyDelete
  16. Rekomendasi buku misteri seperti ini sangat membantu buat pecinta bacaan misteri
    Kalau aku sukanya misteri detektif
    Seru aja gitu

    ReplyDelete
  17. Aku penggemar buku fiksi detektif dan sesekali baca buku thriller, meski banyakan aku skip kalau baca thriller wkwk. Dulu aku pembaca setia komik detective Conan. Sekarang belum penah baca buku serial detektif lagi, kebanyakan nonton scifi haha. Gimana ini.

    ReplyDelete
  18. Wah lama banget gak baca buku misteri, palingan yang sering aku baca di ipusnas itu seputar sir Arthur conan doyle, kayaknya pengen nyoba agatha christie dan buku 1000 sejarah yang masih misteri, thank rekomendasinya kak

    ReplyDelete
  19. Gilss kak Mia ternyata bacaannya misteri dan thriller kek gini euy! Aku ampun-ampun dluu laah wkwkwk. Dulu padahal pernah suka pas sekolah, sekarang udah kek "duh nti ngga bisa tidur" karena imajinasiku kemana mana kwkwkw

    ReplyDelete
  20. Jadi pingin. Baca.. rekomendasinya bikin penasaran banget ingin baca

    ReplyDelete
  21. Agatha Cristie doong favoritku...eh dulu tapiii...bacanya kayak lihat film. Suka sama settingnya yg england dan eropa...tapi sekarang aku ga baca-baca novel lagi, ga kober n ga minat lagi udah berumur

    ReplyDelete
  22. Saya suka kisah misteri, asalkan tidak berhubungan dengan hal2 berbau supranatural. Jadi yang terkait dengan manusia aja, misal kisah detektif dan pelacakan suatu kasus gitu.

    ReplyDelete
  23. Aku belum pernah baca semua buku referensi misteri di atas, sepertinya hilang dalam dekapan semeru menarik nih, dibandingkan yang lain

    ReplyDelete
  24. Saya salah seorang penggemar buku misteri, Mba. Namun entah sejak kapan jadinya nggak terlalu suka karena kadang atau bisa jadi sering disisipi kalimat kurang elok.

    ReplyDelete

Post a Comment