Alasan Pembaca Suka Baca Buku Misteri

10 comments

 

 Siapa sobat Jelajah Mia yang suka baca buku misteri? Buku seram, menakutkan dan menegangkan,kok, betah dibaca? Setiap pilihan pasti ada alasan, yuk intip alasan Jelajah Mia kenapa saat ini suka membaca buku genre/tema misteri. Baca hingga akhir, ya!

 

Alasan Pembaca Suka Baca Buku Misteri

Keseruan Membaca Buku Misteri

Terkesan sederhana ketika kita sedang membaca buku. Padahal buku yang kita baca tentu mengandung makna. Tidak hanya nilai yang kita ambil ketika selesai membaca buku. Alasan akhirnya kita memilih dan nyaman membaca buku sampai selesai tentulah memiliki makna tersendiri.

 

Bisa dilihat dari screen recorder yang ku ambil dari akun instagramku @simiati_nw . Setahun ke belakang memang genre misteri menjadi dominasi dan highlight bacaanku.



 

Bila sebelumnya Jelajah Mia pernah menulis rekomendasi buku misteri  , saat ini mau sedikit cerita kenapa sampai nyaman membaca buku dengan tema/genre misteri. Apa saja yang mendukung sampai suka membaca buku misteri?

 

Pendukung Membaca Buku Misteri

Apalagi diriku dominan membaca digital, logaritma aplikasi tersebut membaca bahwa diriku sedang suka buku misteri jadi makin banyak memberikan rekomendasi buku-buku misteri lainnya.

 

Pernah merasa begini ga? Suka terhadap sesuatu, eh iklan dan postingan sosmed seolah membaca pikiran kita? Semacam cenayang ga sih? Tontonan youtube aja dominan misteri dan konspirasi, kurang horor gimana tuh . Bahkan tumpukan TBR offline aja sebagian besar juga buku misteri, hidupmu sungguh luar biasa sekali Mia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.

 

Alasan Pembaca Suka Baca Buku Misteri

Mungkin ada banyak orang yang merasa takut dan merinding jika mendengar cerita-cerita misteri seperti penampakan hantu, kisah-kisah mistis, kasus misterius, cerita alien, dan lain sebagainya. Namun ternyata, genre yang saat ini ku baca memiliki makna yang kuyakini kebenarannya. Apa alasannya?

 

Alasan Pembaca Suka Baca Buku Misteri

1. Manusia adalah Makhluk yang penasaran

Alasan pertama yaitu diriku adalah makhluk yang selalu penasaran. Rasa penasaran manusia sudah sangat berkembang, dengan akal dan pikiran cerdasnya, manusia dapat menyelidiki dan terus mencari jawaban akan segala sesuatu yang tidak terjawab.

 

Itu sebabnya kita dapat menemukan dan menciptakan alat-alat untuk membantu kehidupannya sehari-hari. Manusia suka dengan cerita-cerita yang terkadang di luar nalar karena pada dasarnya mereka selalu penasaran terhadap segala sesuatu yang belum ada jawabannya, termasuk cerita misteri tersebut.

 

2. Begitu Banyak Kisah yang Selalu Diceritakan Turun Temurun

Apakah masih percaya dengan kisah Nyi Roro Kidul, Wewe Gombel, Kuntilanak dan aneka kisah urban lainnya? Atau kisah yang beredar di setiap daerah yang terkadang beririsan juga dengan kearifan lokal di daerah tersebut?

 

Atau kalau di daerah barat seperti vampir dan manusia serigala termasuk legenda? Bagi sains, cerita-cerita kuno tersebut hanya sebatas pada mitos. Begitu juga dengan kisah-kisah mistis lainnya, yang selalu diceritakan secara turun temurun sehingga dalam satu titik tertentu, cerita tersebut diyakini kebenarannya oleh banyak orang.

 

Meskipun kebanyakan menyeramkan, nyatanya ada banyak orang yang suka dengan kisah-kisah misteri tersebut. Tengok saja tema misteri bukan hanya sekedar bacaan buku, bahkan menjadikan bahan konten dalam podcast atau penelusuran. Logika kadang diajak berpikir dengan adanya cocokologi dalam konspirasi.

 

3. Jenuh Terhadap Rasionalitas

Alasan kedua yaitu diriku sedang di fase  mengalami kejenuhan rasionalitas. Dengan akal sehat dan pikiran logis, seseorang dapat menjalankan kehidupannya dengan baik dan seimbang. Namun, ada titik tertentu di mana manusia dapat merasakan jenuh dalam rasionalitas.

 

Bagi sebagian orang, realitas masih belum cukup memuaskan dahaga akan kehidupan. Kita sedikit membutuhkan lebih dari itu dan pelarian mereka dapat menjurus ke ranah mistis. Hal ini dianggap wajar karena pada dasarnya, manusia juga makhluk yang suka mengembangkan daya imajinasinya.

 

Penutup

Tapi tenang, tidak sampai berlebihan juga dimana diriku masih bisa mengimbangi dengan membaca genre/tema buku lainnya. Karena kitapun jangan terjebak pada zona nyaman, tetap harus ada penyeimbang.

 

Apakah Sobat Jelajah Mia suka baca misteri juga? Atau genre lainnya? Apa alasannya?


Related Posts

10 comments

  1. Saya termasuk yang suka juga dengan buku genre misteri. Jadi suka ikut-ikutan nebak ending yang memang unpredictable. Tapi memang bacanya harus fokus, ya, secara kalau genre misteri itu harus mikir banget buat ngikutin alurnya

    ReplyDelete
  2. Kalau saya masih takut baca buku misteri. Takut kalau tiba-tiba yang dibaca untuk jadi nyata. Jadi takut sendirian. Saya sedang suka buku petualangan, jadi merasa optimis dan bersemangat kalau menghadapi tantangan.

    ReplyDelete
  3. Saya suka baca buku misteri. Rasanya penasaran pengin segera membaca sampai tuntas.

    ReplyDelete
  4. Aku banget kalau ada buku genre misteri, suka penasaran, tapi kalau udah beneran baca suka overthinking, takut sendiri. hahaha... akhirnya mayan mengganggu pikiran sampai beberapa waktu.

    ReplyDelete
  5. Saya suka novel misteri tapi lebih ke petualangan gitu daripada ke horornya

    ReplyDelete
  6. Dulu aku suka tema misteri apalagi kalau ada yang ala ala detektif Conan gitu. Aku paling suka yang kayak gitu. Tapi sekarang udah nggak suka lagi..aku lebih suka genre scific or romansa wkwk.,.ya anggap aja sebagai penyeimbang bacaanku dimasa remaja haha

    ReplyDelete
  7. Manusia asalah mahkluk penasaran iki koyo aq banget,, wkwwk. Aku klo Novel misteri its ok, klo untuk film ya wes mending ngga

    ReplyDelete
  8. Saya juga suka cerita ber-genre misteri, Teh. Namun, misteri yang mengarah ke cerita detektif, ya, bukan ke kisah horor urban yang bikin merinding itu.

    ReplyDelete
  9. Saya tipe yang mudah penasaran sih, kalau misterinya semacam detektif saya suka, tapi misterinya cerita tentang makhluk-makhluk beda alam, hmm saya mundur deh

    ReplyDelete
  10. suka yang berbau sejarah, mengandung misteri juga sih,, penasaran dulunya bagaimana, kenapa ada cerita ginian dan lain sebagainya. karena misteri itu buat dagdidug tapi seruu

    ReplyDelete

Post a Comment