Belajar Morse Dari Film Parasite

22 comments

Sejak awal saya sudah mendapat info kalau film Parasite ini merupakan film thriller. Nah, uniknya, mereka yang sudah menonton film ini rata-rata tak mau membocorkan alur dan jalan cerita dari filmnya. Saya juga entah kenapa tak terlalu rajin mencari tahu jalan ceritanya. Hingga akhirnya saya pun menonton film Parasite benar-benar dalam keadaan "kosong".

 

Belajar Morse Dari Film Parasite

Gambaran Umum Film Parasite

Parasite bercerita tentang keluarga Kim yang miskin yang tinggal di sebuah basement di kota Seoul. Untuk bisa menyambung hidup, keluarga ini menerima berbagai pekerjaan, termasuk melipat kotak pizza. Satu hari, Ki Woo, putra sulung keluarga itu didatangi sahabatnya. Oleh sahabatnya ini Ki Woo diminta menggantikannya menjadi tutor Bahasa Inggris di rumah keluarga Park yang kaya raya.

 

Berbekal ijazah palsu dari Universitas Yonsei, Ki Woo yang mengubah namanya menjadi Kevin pun datang ke kediaman keluarga Park. Oleh nyonya Park, Ki Woo sempat dites terlebih dahulu sebelum akhirnya diterima menjadi tutor bagi putri sulungnya. Nah, saat akan pulang dari rumah keluarga Park ini, Ki Woo melihat peluang untuk memasukkan Ki Jung adiknya bekerja di kediaman keluarga Park.

 

Ki Jung, menyamar sebagai Jessica, kemudian bekerja sebagai guru menggambar bagi Da Song, putra bungsu keluarga Park. Tentu saja Ki Woo tidak mengatakan kalau Jessica adalah adiknya. Tak lama kemudian, dengan muslihatnya, kedua kakak beradik ini berhasil menyingkirkan supir dan pelayan di rumah keluarga Park dan memasukkan ayah ibu mereka di rumah keluarga Park. Akhirnya resmilah satu keluarga ini bekerja di kediaman keluarga Park.

 

Satu hari keluarga Park pergi berkemah dalam rangka ulang tahun Da Song. Keluarga Kim memanfaatkan momen ini untuk tinggal dan menikmati kemewahan di rumah keluarga Park. Saat sedang menikmati kebersamaan mereka, tiba-tiba seseorang memencet bel. Ternyata pelayan yang dulunya bekerja di rumah itu datang dan ingin mengambil sesuatu di lantai bawah rumah tersebut. Meski awalnya ragu, Chung Sook, sang ibu akhirnya membukakan pintu dan mengizinkan mantan pelayan itu masuk ke rumah.

 

Siapa sangka ternyata pelayan tersebut menyimpan rahasia di kediaman keluarga Park. Sialnya, saat ibu Ki Woo berusaha mengancam pelayan tersebut. eh malah kedok keluarga ini yang ketahuan. Konflik pun tak bisa dihindari antara 2 kubu ini. Setelah melewati sedikit baku hantam, akhirnya keluarga Park berhasil memenangkan permainan. Saat mereka semua masih sibuk membersihkan sisa-sisa pertikaian, tiba-tiba istri tuan Park menelpon mengabarkan kalau mereka akan kembali ke rumah karena rencana berkemah gagal. Bagaimanakah akhir dari cerita ini? Masih lupa dengan film ini, berikut trailer filmnya,ya.



 

Kode Morse Bermunculan Pada Film Parasite

Dalam film ini, terdapat kode morse yang bermunculan. Kode morse sendiri adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca, dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu. Kode morse muncul saat anak dari Mr. Park, Park Da Song, yang sangat menyukai pramuka dan Indian ini merasa aneh dengan sensor lampu rumahnya yang sering menyala tengah malam. Sudahkah pada nonton film ini? Masih ingat tidak dengan adegan kirim tanda lewat lampunya? Pada nonton di video streaming/aplikasi legal, ya.

 

Kembali ke pembicaraan sebelumnya, tanpa sengaja ada pembelajaran tentang ilmu memberi sinyal dan kode dalam sebuah percakapan atau pesan yang ingin disampaikan tapi tidak ingin orang tahu maka morse bisa jadi solusi, nih. Apalagi mau kode-kode sama si ayang bisa sekali. Nah, yang dulu belajar Pramuka, masih ingat dengan Morse tidak?

 

Tentang Morse

Morse dipelajari sebagai salah satu bentuk keterampilan. Kode ini disampaikan dengan menggunakan senter atau peluit. Peluit ditiup dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan durasi panjang untuk mewakili garis. Kode dalam Sandi Morse sudah perkenalkan sejak abad ke-19 Masehi. Samuel Morse menemukan Sandi Morse pada tahun 1838. Sebuah alfabet khusus untuk digunakan sebagai pengirim pesan di telegraf. Samuel Morse lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, tanggal 27 April 1791. Selain sebagai ilmuwan atau penemu, Samuel juga dikenal sebagai pelukis yang cukup terkenal kala itu.

 

Bagi yang belum atau tidak tahu kode morse itu apa, nah, ku lampirkan rumus morse, ya

 

Rumus Kode Morse

Morse ini apa saja sih manfaatnya, berikut ku rangkum dari beberbagai referensi dan berdasarkan sudut pandangku yang dulunya anak Pramuka (kapan-kapan akan kubuat artikel khususnya, ya). Nah, ini manfaat penggunaan morse, ya.

 

Manfaat Penggunaan Morse

Sandi morse yang telah diciptakan dan dikembangkan oleh Samuel Morse memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

Manfaat Penggunaan Morse



1. Dapat Digunakan Pada Telegraf

Manfaat pertama dari sandi morse adalah dapat digunakan pada telegraf. Dengan adanya morse, telegraf dapat berfungsi dengan baik, sehingga setiap pesan yang akan dikirim melalui telegraf dapat diterima dengan baik oleh penerima.

 

2. Sebagai Media Berkomunikasi

Sudah bukan hal asing lagi apabila morse sangat bermanfaat untuk melakukan komunikasi dengan jarak yang berjauhan.. Selain itu hingga saat ini, morse “SOS” lebih sering digunakan dalam dunia kelautan, baik kelautan nasional atau kelautan internasional.

 

3. Digunakan Pada Kegiatan Pramuka

Manfaat berikutnya dari morse adalah bisa digunakan pada kegiatan Pramuka. Setiap kegiatan Pramuka pasti akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan sandi morse. Pada kegiatan Pramuka, biasanya sandi morse akan digunakan menggunakan alat peluit. Dalam kegiatan Pramuka,  morse biasa digunakan untuk memanggil anggotanya untuk berkumpul di suatu tempat.

 

4. Bisa Memberikan Pesan Rahasia

Manfaat terakhir yang dapat dirasakan dengan menggunakan sandi morse adalah dapat mengirim pesan rahasia. Dalam hal ini, pesan rahasia yang dimaksud adalah sebuah pesan yang hanya bisa dibaca oleh individu atau orang-orang tertentu saja. Yuk, Sobat Jelajah Mia yang mau kirim pesan rahasia bisa pakai morse, nih.

 

Morse Dalam Film Parasite

Dalam film ini, terdapat kode morse yang bermunculan. Kode morse sendiri adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca, dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu. Kode morse muncul saat anak dari Mr. Park, Park Da Song, yang sangat menyukai pramuka dan Indian ini merasa aneh dengan sensor lampu rumahnya yang sering menyala tengah malam.

 

Walaupun pada scane film dimana pesan disalah artikan oleh Da Song, sehingga tak sampai maknanya. Adakah yang ingat di bagian mana? Sekedar refreshing untuk mengintakan pada film tersebut. Yaitu saat  Hoon suami dari ART sebelumnya Moon Kwang tinggal di bunker rumah keluarga Tuan Park selama bertahun-tahun. Hoon meminta bantuan Da Song dengan mengirimkan deretan sandi morse melalui lampu rumahnya setiap hari. Namun, Da Song salah mengartikan kata HELP menjadi HOLP membuat pesan tersebut tidak pernah sampai.

 

Walau kadang berandai, saat masih berkaitan dengan sandi morse via lampu nih, Sobat Jelajah Mia. Dalam sebuah adegan, kita diperlihatkan bagaimana Da-Song dapat memahami arti dari sandi morse tersebut. Bahkan, ia menuliskan terjemahan sandi tersebut ke sebuah kertas. Kita mungkin berpikir kalau Da-Song bakal melaporkan temuannya tersebut kepada orangtuanya. Namun, Da-Song malah nggak melaporkan apa-apa sehingga terjadilah pembunuhan sadis yang dilakukan Geun-Sae di klimaks film. Namanya juga film ya kan, dibuat agar ramai dengan segala konfliknya.

 

Penutup

Ternyata film itu bukan hanya sekedar menghibur, bila kita perhatikan dengan baik, ada makna dan pesan moral yang tersirat. Bukan tidak mungkin juga bisa jadi ajang pembelajaran. Walau film parasite ini tentang thriller, ternyata ada pembelajaran morse dan seru jika mau dipelajari. Morse memiliki peran yang sangat penting dan selalu berkaitan dengan perkembangan telegraf. Saat ini, bisa jadi morse mulai jarang terdengar  banyak orang karena sudah ada penemuan telepon, hingga handphone yang lebih efektif dan efisien ketika digunakan. Akan tetapi, dalam beberapa bidang , morse yang masih digunakan adalah sandi morse “SOS” yang berfungsi untuk memberikan sinyal tanda bahaya dan meminta bantuan.

 

Bagi yang sudah menonton film parasite, apakah sadar dengan morse pada film ini? Sobat Jelajah Mia yang dulunya pernah pramuka, ingat dengan morse tidak?

 

Referensi

https://www.gramedia.com/literasi/penemu-sandi-morse/

 

 

Related Posts

22 comments

  1. Kode morse ini yg dipake pas zaman kita pramuka dulu ya mba, pake priwitan ...hihi.

    ReplyDelete
  2. Parasite salah satu film favoriteku banget. Seru banget nontonya juga menegangkan. Aku gk ngeh soal kode² morse di film itu. Apa karena aku nontonnya udah lama ya. Jadi pengen rewatch filmnya😍

    ReplyDelete
  3. nonton film ini karena booming saat itu dan ternyata emang sebagua itu 😍 film Korea yang gak cuma romantis komedi tp ada juga thriller yg apik banget

    ReplyDelete
  4. Wah menarik banget nih, tumben baca soal film parasite dari persfektif kode morse nya, btw aku gak pernah belajar kode morse, tulisan ini jadi ilmu baru buat aku

    ReplyDelete
  5. Menenggangkan ya mbak filmnya... Tetapi ada unsur pendidikannya yaitu memahami kode morse...

    ReplyDelete
  6. Parasite mind blowing bgt siik pilemnya.

    Banyak detail menarik d pilem ini

    Salah satunya ttg morse ini yak.

    ReplyDelete
  7. Hebat nih penulis naskahnya, kepikiran gitu ya masukin sandi morse begini di drama koreanya

    Tapi ngeri banget jadi penghuni rumah itu. Ada orang asing yang tidak kita tahu hidup di basement.

    Lihat film ini jadi tahu sisi lain Korea Selatan. Ternyata ada sisi kumuhnya juga. Kirain, semiskin-miskinnya mereka, gak sampai hidup seperti itu.

    ReplyDelete
  8. Sempat direkomendasikan oleh teman saya, auto nonton aku filmnya Mbak. Dah lama banget. Itu endingnya kaya adegan dibunuh bukan sih majikannya ya, Mbak? Pas ada pesta apa gitu ya.

    ReplyDelete
  9. Waktu nonton malah nggak memperhatikan kalau ada sandi morse disini. Tapi nonton film ini tuh memang membuat naik darah, kesel gak ketulungan.

    ReplyDelete
  10. Wah jadi ingin nonton filmnya. Mengingatkanku pada Pramuka, xixixi.

    ReplyDelete
  11. Pernah belajar sandi morse waktu ikut Pramuka. Dulu hapal banget beberapa sandi Pramuka, sekarang udah lupa semua. Trus dulu suka film-film yang ada cerita sandi morsenya.

    ReplyDelete
  12. Dulu ikut Pramukanya pas sd, tapi sampai SMA, Pramuka jadi ekskul wajib ya,inget a b c, sih kalau sandi morse. Aku baru sadar, kalau film parasite ada sandi morse, jadi pingin nonton filmnya lagi hehe

    ReplyDelete
  13. Aku belum nonton film ini haha. Entah kenapa sejak punya anak jadi sedikit menghindari film genre thriller. Aku dulu juga ngga suka ikut pramuka wkwkwk, jadinya ya cuma tahu sandi morse dari film2 detektif kaya Sherlock Holmes, Conan, dll.

    ReplyDelete
  14. saya ga hapal kode morse mbak, tahu aja sih kalau itu kode morse
    sepertinya menarik filmnya ala-ala detektif gitu

    ReplyDelete
  15. Wah ini film emang bagus mbak
    Banyak meraih penghargaan dari internasional juga
    Ngomongin Morse, jadi ingat saat pelajaran Pramuka

    ReplyDelete
  16. film ini memang unik ya mbak, awalnya saat lihat posternya "apanih" gak begitu tertarik, tapi khas film korea, detil termasuk unsur morse ini bikin bumbu tersendiri

    ReplyDelete
  17. Padahal gak perlu malsuin yaa.. Soalnya Yonsei uda kerjasama sama Coursera dan bisa kuliah short course. Jadi tetap bisa mendapatkan pengakuan.
    hehehe~

    Parasite adalah film yang penuh dengan isu kehidupan yang kita alami sehari-hari.

    ReplyDelete
  18. jadi inget jaman pramuka dulu belajar morse dalam tulisan ini menarik. saya suka cara mengulasnya,

    ReplyDelete
  19. Penulis naskahnya bisa jadi sangat menguasai sandi morse. Btw jadi ingat masa-masa SMP dulu belajar sandi morse di kegiatan ekstrakurikuler sekolah

    ReplyDelete
  20. Ternyata kutu buku punya chanel youtube juga ya. Aku baru tahu lho mb.

    ReplyDelete
  21. Sudah nonton film parasite ini juga dan gak nyangka banget sama endingnya. Rada ngeri juga sih, hehe. Btw iya ada kode morse gitu cuma gak terlalu saya perhatiian dan yah memang ada banyak pesan moral yg kita bisa petik ya dari film fenomenal ini

    ReplyDelete
  22. Cieee, anak pramuka ngajakin nostaligiaan hehehe. Tp aku ga serius mempelajari morse dan semaphore waktu pramuka, karena kakak-kakak nya sibuk ga jelas pas pramuka, jadi suka kabur hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment