Cara Pasang Google News

Post a Comment

 

Bagaimana rasanya ketika pembaca online sedang mencari informasi yang mereka butuhkan, eh kok yang muncul adalah artikel kita? Apa yang membantu agar artikel kita masuk ke mesin pencarian google? 


Google News lah jawabannya dimana dengan pasang google news yang terhubung dengan blog kita, orang dengan akan mudah menemukan kita. Lalu bagaimana cara pasang google news? Yuk, simak sampai akhir artikelnya.

Cara Pasang Google News

 


Apa Itu Google News

Setelah aktif GoogleAnalytics dan Google Search Console, lalu ada apa lagi yang harus dipasang atau diaktifkan di blognya? Yess, Google News.  Google News merupakan layanan dari Google yang membagikan berita dan infromasi terbaru dari sumber berita yang terpercaya diseluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Google News biasa digunakan oleh seorang blogger untuk mendatangkan trafik organik ke blog mapun website, dengan mendaftarkan blog kita ke layanan Google News.

 

Google News tidak hanya berguna bagi mereka pembaca semata, tetapi Google News juga dapat menjadi andalan bagi seorang blogger karena dengan mendaftarakan blog di Google News maka setiap postingan yang kita post di blog kita akan muncul juga di Aplikasi Google News dan dapat menambah traffic organik ke blog kita, apalagi ketika kita sudah mengaktifkan adsense kita.

 

Secara umum Google News akan mempermudah pembaca untuk bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan hanya melalui perangkat teknologi seperti handphone maupun komputer.  Layanan Google News dapat dinikmati oleh para blogger secara gratis, jadi tak perlu risau dengan urusan duit jadi bisa buat keperluan beli popok anak #eh. 

 

Cara Pasang Google News

Masuk ke Google News dan buat akun.

 

Memulai pertama pasang google news

Jangan lupa email yang didaftarkan Google News harus sama dengan yang digunakan pada saat mendaftar Google Search Console.

 

Pilih add publication, lalu isi Publication Name dengan nama blog, Primary Website Property dengan url blog, Location pilih negara kita, dan jangan lupa ada checkbox dicentang. Lalu klik Add Publication.

 

Isi bagian awal google news

Nanti kita akan dibawa ke halaman seperti ini. Klik di bagian Google News. Kalau belum selesai pada langkah diatas tidak akan bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Jelajah Mia sempat mengalami tersendat di bagian logo karena ada ukuran tertentu, tapi bisa diupayakan dengan berbagai aplikasi editor foto yang tersedia. 

Upload untuk logo di google news


 

Ada tiga langkah yang harus disempurnakan yaitu pada ; General, Content Setting dan Review & Publish.

 

Pada bagian General, isi Publication Description dengan deskripsi blog, lalu pilih Publication Category sesuai jenis kategori blog atau yang paling mendekati.

 

Pilih Distribution Worldwide dan Google Properties pilih yang All Properties. Di bagian Tracking, isikan kode pelacakan Google Analytics yang tadi udah disimpan di notepad atau catatan lainnya yang bisa nantinya di copy.

 

Kalau udah klik save dan next. Saatnya beralih ke tab Content Setting. Pada bagian New Section, di bagian Title isi nama blog, lalu di bagian RSS, pilih feed RSS yang ada di GSC.

 

Pada sudah di bagian Access Group, masukkan email. Jangan lupa save dan klik next.

 

Nah, pas bagian ini, Jelajah Mia lupa SS tapi bisa loh baca petunjuknya di cara mendaftar google news

 

Pada tab yang terakhir, Review & Publish, kita akan diperlihatkan apa saja yang harus diperbaiki dalam setelan Google News yang baru saja diperbuat. Perbaiki semua yang masih review hingga nanti semua setelan sudah dianggap benar oleh Google.

 

Lalu di paling akhir butuh direview adalah di bagian section. Yaitu saat Google News butuh proses untuk membaca dan melacak artikel-artikel terbaru di blog kita.

 

Biar muncul caranya gimana? Refresh terus saja sampai artikel-artikel itu muncul. Pokoknya urusan kaya gini kuncinya sabar

 

Kalau artikelnya udah muncul, klik save lalu balik lagi ke tab Review & Publish. Nantinya kalau udah nggak ada yang perlu direview, kita akan dikasih pilihan untuk Publish Publication yang sudah kita buat.

 

Apakah akan langsung publish? Tentu tidak. Jika Publication kita masih berketerangan “in review”, artinya Google masih melakukan peninjauan terlebih dahulu. 

Menunggu seminggu google news


Seperti Jelajah Mia saat pasang Google News, disuruh buat menunggu seminggu agar ter-publish, ya pokoknya harus bersabar.

 

Menunggu seminggu pasang google news

Nah, sambil menunggu Google News ter-publish, setelah Jelajah Mia baca beberapa artikel, akhirnya ditemukan beberapa keuntungan ketika pasang google news. Apa saja keuntungannya?

 

Keuntungan Pasang Google News

Berdasarkan data diatas, tentunya mendaftarkan blog kita Google News merupakan sebuah keuntungan tersendiri, berikut manfaat mendaftarkan blog ke Google News :

 

Lebih Mudah Untuk Mendapatkan Index di Google

Blog yang sudah sukses terdaftar di Google News maka tugas selanjutnya ialah membuat konten yang berkualitas dan unik, dengan demikian Google News dapat menjadikan konten kita sebagai kabar utama ketika orang mencari informasi apapun yang ada kaitannya dengan yang kita tulis.

 

Dengan Mendaftarkan blog kita ke Google News merupakan salah satu jurus ampuh agar blog kita bisa masuk ke halaman pertama Google tanpa harus melakukan optimasi SEO, karena setiap konten yang publish di blog yang sudah diterima Google News maka akan secara otomatis konten tersebut mendapatkan index di mesin pencarian google tanpa harus menunggu lama dan melakukan inspeksi URL di Google Search Console

     

 Meningkatkan Jumlah Visitor Organik

Kelebihan lain dari mendaftarkan blog kita di Google News ialah dapat meningkatkan traffik organik di blog yang kita miliki. Semakin banyak traffik organik yang masuk ke blog kita maka kesempatan untuk bisa terus muncul di mesin telusur Google akan semakin besar.

 

Penutup

Setelah baca artikel ini, apakah sobat Jelajah Mia tertarik untuk pasang Google News? Yang sudah pasang Google News boleh berbagi atau mau ada yang dikoreksi dari tulisan Jelajah Mia. Sampai berjumpa di tulisan berikutnya

 

 

 

 

Related Posts

Post a Comment