Mengintip Fitur Google Search Console

Post a Comment

 

Setelah kemarin dipusingkan dengan aktifkan lagi Google Analytics, sekarang saatnya mengintip Google Search Console. Tahun kemarin Jelajah Mia sudah membuat tulisan tentang bagaimana pasang Google Search Console. Sejujurnya lebih rumit ketika pasang dan membaca Google Analytics daripada Google Search Console.

 

Mengintip Fitur Google Search Console


Udah pasang dan aktif, eh sekarang pusing sama fitur-fitur di Google Search Console. Eits jangan dulu merasa mual sama bahasa dan fitur IT ya sobat Jelajah Mia. Buat kaya blogger-blogger yang sudah keren itu butuh perjuangan mempelajari seperti ini.

 

Pentingnya Belajar Fitur Google Search Console

Setiap orang pasti mengalami belajar. Pasti banyak yang mengungkapkan bahwa belajar merupakan aktivitas yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Manusia melakukan aktivitas belajar sepanjang hidupnya. Belajar dilakukan agar mendapatkan perubahan dalam diri pelakunya, baik pengetahuan, sikap, maupun keterampilan sebagai akibat dari proses pengalaman.

 

Dalam dunia blogger pun penting akan sebuah proses pembelajaran, dimana selalu ada update aplikasi dan ilmu terbaru. Sama halnya seperti aplikasi di gawai masing-masing, pasti suka minta update. Itupun yang seharusnya kita lakukan ketika serius dalam dunia blogger.

 

Sedikit bercerita, dalam belajar juga Jelajah Mia mengalami kesulitan saat mengaktifkan kembali Google Analytics, karena setelah sekarang yang dipergunakan adalah GA4 jadi perlu meraba kembali ketika kemarin menulis artikel.

 

Nah, biar kita sama-sama belajar, kita mulai mengintip fitur Google Search Console. Bagi yang belum mengaktifkan Google Search Console, boleh baca dulu artikel Jelajah Mia tentang bagaimana pasang Google Search Console. Btw kalau Jelajah Mia pakai pengaturannya bahasa Inggris ya jadi bagi sobat Jelajah Mia yang pakai pengaturan bahasa Indonesia nanti silakan menyesuaikan, ya

 

Fitur Google Search Console

Setelah berhasil memasang GSC di blog, mari kita bahas satu per satu fitur yang ada pada GSC.

 

1. Performance

Dari gambar dibawah ini kita bisa melihat berapa Total Klik, Total  Impressions, Average CTR  dan Average position

Performa Google Search Console


  1. Total Klik adalah angka berapa kali blog kita diklik di halaman Google
  2. Total  Impressions adalah angka berapa kali blog kita ditayangkan di Google (atau terlihat oleh orang namun belum tentu diklik)
  3. Average  CTR (Click Through Rate) yaitu angka persentase dari pembagian total klik dibagi total tayangan.
  4. Average position ialah angka posisi kita di search engine, tergantung dari jumlah queri yang ada di blog kita.

Nah sekarang kita lanjut scroll ke bawah. Ada pilihan Queries, Pages, Countries, Devices, Search Appearance dan Dates. Ini

Fitur lain di Performa Google Search Console


Pada bagian kinerja, kita juga bisa atur parameternya sesuai kebutuhan. Misalnya mau lihat data selama setahun atau mau melihat data dari tanggal berapa ke tanggal berapa bisa, untuk Jelajah Mia pakainya 3 bulan karena setahun ini agak nurun aktivitas blognya jadi dibuat agak panjang aja jangka waktu melihatnya.

Jenis penelusuran pun bisa diganti web, gambar dan video. Selain itu kita juga bisa melihat kinerja dari 1 halaman saja, tinggal klik + baru, terus pilih halaman dan kasih url atau link halaman tersebut.

 

2. Inspect URL

Biasakan setelah publish artikel kita melakukan inspect url. Terus gimana caranya?  Mudah sekali Sobat Jelajah Mia, tinggal copy link artikelnya terus biarkan inspect. Kalau sudah ada keterangan URL is on google, berarti aman. Tapi kalau keterangannya, URL is not on google, maka klik request indexing, seperti yang terjadi ketika Jelajah Mia melakukan permintaan.

 

Inspect URL Google Search Console

Kalau belum juga gimana? Sabar, namanya juga sedang melakukan deteksi jadi tidak semua bisa langsung begitu saja. Bikin mi instan aja tidak benar-benar instan ya tidak.

 

3. Indexing

Pada menu ini kita akan menemukan 3 pilihan; cakupan, petasitus dan penghapusan.

 

Pages

Untuk cakupan kita bisa melihat masalah yang perlu diperbaiki. Seperti gambar dibawah ini.

Nah, lihatkan blognya banyak masalah. Kalau kita scroll ke bawah lagi akan ketemu masalah yang lebih detail lagi. Nah, ini pun liat hasil bagian page yang terdapat di GSC Jelajah Mia perlu agak berlari nih buat rajin index artikel yang udah ditulis biar terbaca sama google


Pages Google Search Console


 

Sitemaps

Selanjutnya ada peta situs, di bagian ini kita hanya boleh memasukan sitemap ya Sobat Jelajah Mia,  bukan postingan dan pastikan formatnya XML.

 

Untuk pengguna blogspot seperti Jelajah Mia, coba bisa ke https://www.labnol.org/blogger/sitemap/ untuk generate sitemap-nya. Nah, di artikel cara mengaktifkan GSC belajar dari kesalahan Jelajah Mia, ya, salah tulisan dan kurang huruf sekalipun akan berbahaya.


Sitemaps Google Search Console


 

Removals

Di menu indeks ada juga penghapusan. Fitur ini berfungsi untuk menghapus halaman yang ingin kita hapus. Misalnya ada halaman yang sudah ter-indeks terus kalian ingin hapus artikel tersebut dari google, tinggal buat permintaan saja ke google.

Removals Google Search Console


 

4. Enhancement

Pada bagian ini, coba agak dibaca, apa kesalahan yang muncul pada artikel yang kita tulis. Angka tersebutlah jadi PR untuk memperbaiki kesalahan yang tanpa sengaja kita buat. Nah, kalau lihat dari data yang muncul, Jelajah Mia sampai saat ini masih tergolong aman secara data

Enhancement Google Search Console


 

Data yang Bisa Didapatkan dari Google Search Console

Dari penjelasan fitur diatas, pasti masih suka kebingungan, jadi data yang kita dapat apa saja sih secara umum? Dari pembahasan fitur Google Search Console, data apa yang bisa kita baca dan pahami?

 

  1. Penggunaan Google Search Traffic yang memberi informasi tentang bagaimana website kita di tampilkan Google
  2. Peringatan akan adanya spam, isu indexing yang akan di kirimkan kepada pemilik website
  3. Informasi tentang link mana saja yang mengantarkan pengunjung ke website
  4. Informasi bahwa Google sudah melakukan crawling ke website
  5. Isu troubleshoot, penggunaan secara mobile dan lainnya
  6. Memperbaiki isu indexing, sehingga bisa mengajukan indexing kembali
  7. Data mengenai performance report meliputi CTR, klik, impression serta average position

 

Penutup

Bagaimana setelah Jelajah Mia bahas segala macam tentang mengintip fitur Google Search Console? Makin pusing atau penasaran buat coba aktifkan? Buat yang sudah mengaktifkan Google Search Console, bagaimana fitur Google Search Console nya? Sampai jumpa di tulisan-tulisan berikutnya!

 

Related Posts

Post a Comment