Kembali Jalan Kaki

20 comments

 

Efek kebiasaan pandemi tentulah tidak bisa hilang begitu saja. Isu polusi udara yang tidak baik bukanlah mitos dan berita gosip semata. Kita seolah disarankan untuk menjaga diri dan kesehatan kembali seperti masa pandemi.

 

Kembali Jalan Kaki


Meski kegiatan di dalam rumah tidak sepenuhnya buruk, namun tidak ada salahnya melakukan kegiatan di luar ruangan. Ya, salah satunya adalah dengan joging atau jalan kaki, olahraga mudah dan murah.

 

Kalau yang ngikutin Jelajah Mia dari lama pasti sudah membaca artikel jalan kaki kala pandem. Bahkan di sosial mediapun jadi ajang buat share segala aktivitas kala Jelajah Mia lagi on fire-nya jalan kaki. Sampai bergabung pula ke komunitas tanos segala.

 

Flashback Joging Masa Pandemi

Sedikit bercerita, kegiatan joging pada masa pandemi menjadi rutinitas yang Jelajah Mia lakukan, bisa lah sedikit ditengok-tengok aktivitas mia kala itu.

 

Terhitung mulai September 2020 hingga akhir 2021, joging dan aplikasi strava seolah menjadi bagian dari rutinitas Jelajah Mia, walau kala itu aktivitas sudah mulai bertahap kembali normal.

 

Banyak manfaat yang Jelajah Mia rasakan selama melakukan aktivitas joging ini, pernah juga Jelajah Mia sampaikan pada tulisan . Lalu kenapa akhirnya tidak pernah joging lagi?

 

Alhamdulillah akhir Desember 2021 dapat kabar gembira hamil, awalnya Jelajah Mia pikir joging tidak menjadi kendala karena kan aktivitas sehat.

 

Ternyata dengan riwayat keguguran yang pernah Jelajah Mia miliki sehingga membuat kandungan harus lumayan bedrest dan sampai disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat selama awal kehamilan.

 

Salah satu aktivitas yang dihentikan ya joging, apalagi setelah joging ringan yang padahal cuma 20 menit dan ga lebih dari 1 km, malah jadi flek. 

 

Padahal bulan Oktober atau November tuh sempat udah beli sepatu olahraga biar lebih nyaman kalau pas jalan kaki. Tapi mau gimana, hal yang dinanti selama 5 tahun ini lebih prioritas untuk saat ini. Akhirnya sudahlah bye rutinitas joging.

 

Kepikiran Jalan Kaki Kembali

Waktu terus berjalan hingga akhirnya Atalanta hadir di kehidupan Jelajah Mia, aktivitas joging seolah semakin terlupakan. Hingga akhirnya mulai merasa badan sudah diposisi agak jompo. Cape sedikit langsung ngedrop.

 

Sepertinya harus mulai lagi nih joging-joging tuh. Dulu pernah coba ajak joging atala tapi kala itu kan dia masih kalem di gendongan.

 

Jalan Kaki Sama Atala Pas Orok

Setelah dengan segala keluhan dan badan kayanya perlu juga untuk dirutinkan gerak lebih selain urusan domestik dan mengajar. Langsung terpikir, harus seriusin lagi nih jogingnya. Pernah coba sambil pake gendongan tapi mayan banget ke pinggang, belum sekarang Atala udah mulai ga bisa kalem kalau digendong.

 

Akhirnya memutuskan buat beli stroller bayi model sepeda gitu lah. Biar kalau joging yang sebenernya jalan kaki (karena ga mungkin juga langsung dibawa lumpat si bayik teh hahahahaha), ga cape lah, cuma cape dorongin si stroller aja.

 

Dulu pernah hampir mau beli di toko perlengkapan bayi, dicoba berbagai model tapi nangis macam bayi mau diculik aja. Lalu nekat aja beli online, pake keyakinan tingkat tinggi gitu.

 

Stroller Bayi Solusi Biar Jalan Kaki Lagi

Lalu gimana setelah dibeli sepeda stroller? Ternyata nangis diawal doang, setelah terbiasa malah hahahihi kesenangan, apalagi dibawa jalan, dia jauh luas pandangannya dibandingkan ketika digendong.

 

Tau gitu nekat aja beli yang di toko perlengkapan bayi tapi sudahlah emang jodohnya harus beli secara online biar ga ribet juga bawanya setelah beli secara mobil masih dalam impian kami untuk dibeli.

 

Nanya beli dimana? Biasalah beli di toko hijau kalau Jelajah Mia. Nah kira-kira bentuknya begitulah si stroller tuh.

 

Stroller Sepeda Atala

Udah hampir satu bulan bawa nak bayik pake stroller ini dan Alhamdulillah membantu. Biar anak senang, mamak pun ga sering sakit pingang ketika si bayi grasak grusuk pas digendong. Apalagi yang sudah tahu betapa besarnya energi Atala, harus tersalurkan sekali energinya dengan dibawa jalan kaki agak jauhan dikit.

 

Kembali Jalan Kaki

Tahukah sobat Jelajah Mia? Ternyata tak hanya orang dewasa saja yang butuh jalan-jalan. Bayi pun juga perlu diajak untuk jalan-jalan.  Banyak literatur yang Jelajah Mia Baca, hal ini tanpa disadari dapat mendidik anak kita menjadi lebih cerdas.  Tak perlu jalan-jalan jauh kok. Keliling sekitar rumah setiap pagi hari atau sore hari.

 

Dan ingat, jangan langsung dibawa jalan jauh dan waktu yang wow macam orang dewasa, cukup perlahan dan rutin aja. Macam Atala kalau misal bundanya lagi agak mager ataupun situasi tidak mendukung, langsung rewel dan gelisahn karena mungkin merasa ada rutinitasnya yang tidak dilakukan.

 

Saat ini ya paling jauh cuma 2 km aja lah, jangan terlalu capek juga karena atala tipenya kadang ga mau juga minum sambil jalan atau minum tapi adegan lempar botol kan bikin emak meringis lagi. Biar menjaga tubuh bayi juga ga dehidrasi. Apalagi kalau usia masih satu tahun kan belum bisa banget kasih tau apa isi hatinya, jadi ya bertahap.

 

Nah ini beberapa hasil dari hasil jalan kaki bersama nak bayik satu tahun. Rutenya masih sekitar rumah aja dan tentu dengan tujuan sambil.

 

Sambil Ke Warung

 

 

Sambil Ke ATM

Jalan Kaki Sambil Ke ATM
 

 

Sambil Ke Indomaret

 

Jalan Kaki Sambil Ke Indomaret

 

Sambil Jajan

 

Jalan kaki sambil jajan



 

Sambil ke Gunung Bohong

Bahkan yang epic itu akhirnya mencoba bawa stroller ke tenpat nongkrong mingguan Atala yaitu Lapangan Tembak Gunung Bohong.

 

Jalan Kaki di Lapangan Tembak Gunung Bohong

 

Seru banget dan bertemu dengan manusia banyak adalah kebahagian Atala, emang anaknya senang sekali aktualisasi diri dan menyapa seluruh dunia. Tapi ya karena motor bapaknya Atala adalah motor gigi bukan motor metic jadi ga asik lah buat bawa strollernya, pertanda harus ganti motor mungkin (Amin).

 

Penutup

Demikian lika-liku kehidupan yang pada artikel kali ini isinya curhat sekali hahahahhaha. Belum tiap hari banget yang jalan kaki agak niat, kadang-kadang cuma jalan kaki ke depan aja.

 

Bagi yang sudah memiliki buah hati, bagaimana pengalamannya bawa bayi jalan kaki? Yang lain, apakah olahraganya saat ini? Rebahan sambil scroll hp sampai bosen atau ada rutinitas olahraga yang rutin dilakukan?

 

 


Related Posts

20 comments

  1. Dengan adanya stroller, ananda jadi terbiasa melihat ibunya berolahraga ya ... nantinya bisa sama2 jogging ... masya Allah, keren Mbak Mia. Sehat selalu yaa bersama keluarga.

    ReplyDelete
  2. Waduh jadi malu nih...Dulu rajin pas ada Tanos Challenge. Hehe...
    Suka kesiangan nih kalau mau jalan (alesan). Senangnya si Kecil bisa jalan-jalan makin jauh berkat naik stroller yah. Bentar lagi lari nih...Siap-siap nyeri pinggang ngejar bocil...

    ReplyDelete
  3. Ini stroller-nya bagus lho, anak nyaman mama happy bisa jalan...Aku dulu saat anak kecil juga gitu, jalan kakinya sambil dorong stroller. Keliling perumahan kalau pagi, mayan banget memang.

    ReplyDelete
  4. Strollernya unik yaa..
    Aku dulu juga kebantu banget sama adanya stroller. Bahkan beli yang bisa disetting 3 posisi. Jadi bener-bener bisa nge-bantu bawa bayi dari bayi merah ((sekalian jemur)) dan saat anak-anak sekolah TK ((karena aku langsung hamil anak kedua)), jadi bisa tandem dipake sama kakanya. Hehhee~

    Alhamdulillah,
    Jalan kaki memang selain bikin segar pikiran juga jalin silaturahm sama tetangga di jalan.

    ReplyDelete
  5. Olahraga rutin apapun bentuknya ternyata memang sangat penting ya Mbak bagi kesehatan tubuh. Bahkan kemarin pernah baca sekelebat artikel, dibandingkan lari, ternyata jalan kaki dengan jarak tertentu lebih cepat dan efektif membakar lemak di tubuh. Btw, strollernya lucu Mbak.. simpel dan gampang dibawa-bawa juga ya.

    ReplyDelete
  6. Multifungsi banget ya mbak..jadi pingin punya satu..

    ReplyDelete
  7. Sepertinya kita sama, Mbak. Aku pernah keguguran jg dan saat hamil lagi benerw bedrest karena gerak sedikit langsung perdarahan (flek). Jogging pun terpaksa dihentikan. Skrg udh mulai jogging lagi bareng si bayi, kadang dia naik sepeda dorong, kadang dimban ayahnya. Hihihi. Sehat2 ya mbak

    ReplyDelete
  8. wih si baby udah gede lagi aja nih. Walopun di atas stroler si baby pasti senang banget diajakin jalan pagi terus kemana2sama emaknya. Semoga baby Atala sehat2 selalu yaa.

    ReplyDelete
  9. bawa baby jalan kaki itu beneran bermanfaat ibunya sehat anaknya seneng apalagi udah ada stroller yang praktis di bawa bawa

    ReplyDelete
  10. Seru banget ya bisa jogging sama bayik, aku jadi pengen juga kaya gitu nanti kalau udah punya anak. Aamiiin. Semoga kita juga dapat menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

    ReplyDelete
  11. Aku juga setiap sore sempetin jalan kaki bareng bayi. Kalau ada stroller jadi nggak capek gendong hehe. Bayi pun happy di ajak keluar

    ReplyDelete
  12. Hampir nggak pernah merencanakan diri buat jalan jalan atau jogging, tapi selalu jalan keliling mengikuti anak yang lagi aktif jalan. Strollernya rekomended ya bisa nih buat tahun depan mau nambah bayik juga

    ReplyDelete
  13. Jalan kali itu sehat
    Aku setiap pagi jalan kaki mbak
    Minimal 30 menit sehari
    Biar badan sehat dan bugar

    ReplyDelete
  14. aku dulu suka banget jalan kaki ke pasar dan lumayan bisa sekalian olahraga. skarang naik turun tangga jadi alasan olahraga. jalan kaki ini olharga paling murah dan mudah sebenarnya ya

    ReplyDelete
  15. aku pengen euy jalan kaki begini soalnya aku harus nurunin berat badan cuma magernya itu loh. huhuhu. gimana mau kurus kalau malas begini

    ReplyDelete
  16. wah pastinya dengan jalan kaki begini bakal buat badan jadi lebih sehat ya, udah lama ga jalan kaki niy saya kak, biasanya saya jalan kakinya trekking gitu

    ReplyDelete
  17. Asyik ... sekarang jalan kaki sama nak bayi. Betul banget ada stroller gini jadi membantu ibu untuk tetap olahraga yah. 2 km itu lumayan buatku yang rada mager, heheh.

    jalan kaki dengan anak sambil mengenalkan lingkungan sekitar, menyebut nama benda itu stimulus yang bagusss banget.

    ReplyDelete
  18. Wah jangan-jangan ini yang ikut jelajah Garnisun Tjimahi Heritage nih. Bener gak ya? Soalnya inhet ada anak kecil yang lagi makan di Poncol.
    Untung ada stroller ya jadi emak bisa jalan santai tanoa beban

    ReplyDelete
  19. Aku jadi kangen masa masa anakku masih bayi dulu. Suka aja bawa dia jalan jalan keliling komplek pakai stroller sore atau pagi hari sambil jalan santai. Kalau sekarang sih, kebayang kedernya karena dia bakalan sibuk lari sana sini dan rasanya sudah terlalu besar juga kalau didudukkan di stroller tapi masih cukup dini buat dibiarin jalan ngider tanpa dipegangi. By the way aku berasa kecolek nih. Belakangan ini aku udah lama nggak keluar rumah buat sekadar jalan kaki. Kayaknya perlu kuagendakan lagi deh.

    ReplyDelete
  20. Duh pengen banget bisa jalan kaki... Tapi apa daya kaki habis terkilir kak, hiks.. ga bisa jalan jauh2

    ReplyDelete

Post a Comment