Resep Bakwan Jagung Simpel

19 comments

 

Sobat Jelajah Mia bosan dengan bakwan sayuran? Pernah coba bakwan jagung?  Gorengan ini menggunakan jagung manis sebagai bahan utamanya, yang dicampur dengan adonan tepung terigu.

 

Rasanya yang renyah berpadu dengan manisnya jagung, menjadikan bakwan jagung sangat nikmat. Setelah sebelumnya Jelajah Mia share tentang cara membuat puding labumadu. Tentu maunya resep simpel dan ga ribet bukan? Yuk, coba resep bakwan jagung yang sudah Jelajah Mia uji enak dan layaknya!

 

Resep Bakwan Jagung Simpel

Selalu Gorengan

Gorengan atau Goreng tepung adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas yang banyak.

Gorengan, jajanan berat namun nikmat. Lebih sedap disantap saat hangat dengan cabai hijau atau petis. Makanan yang satu ini memang paling sering menjadi menu dalam makanan sehari-hari maupun makanan sampingan.

 

Khas orang Indonesia yang tak lepas dari nasi, bisa menjadikan gorengan sebagai lauk. Salah satu gorengan populer yaitu bakwan jagung atau banyak juga yang menyebutkan juga bakwan jagung. Kalau Jelajah Mia lebih mengenal dengan bakwan jagung. Lalu apa bakwan jagung itu?

 

Bakwan Jagung

Perkedel jagung atau juga disebut bakwan jagung adalah makanan yang dibuat dari jagung, terigu, telur ayam, dan digoreng. Makanan ini berasal dari Indonesia. Beberapa variasi menggunakan bawang daun, cabe merah, bawang merah, dan bawang putih.

 

Cara membuat bakwan jagung tidaklah sulit, bahannya juga ekonomis jadi cocok untuk santapan akhir bulan. Namun demikian ada cara untuk membuat bakwan jagung renyah atau tidak alot saat digigit.

 

Bakwan Jagung Sampai Ke Indonesia

Bakwan jagung merupakan warisan kuliner yang dipengaruhi kuliner Spanyol dan Portugis. Portugis pernah berlayar dan berdagang di Indonesia hingga ingin menguasai beberapa area Indonesia.

 

Karena seringnya orang Portugis melakukan aktivitas di Indonesia, ada banyak budaya dan pengaruh yang mereka bawa. Biji jagung yang merupakan tanaman asli Amerika dibawa dan diperkenalkan ke Indonesia oleh Portugis, dan karena tanah di Indonesia sangat cocok untuk menanam jagung, semakin banyak hasil panen jagung. Salah satu olahan jagung yang mudah dibuat adalah bakwan jagung.

 

Dalam perkembangannya, karena gula sangat mahal dan menjadi komoditas penting pada saat itu, bakwan jagung yang diolah bukan menghasilkan bakwan jagung yang manis melainkan asin dan gurih karena menyesuaikan kemampuan masyarakat dan dipertahankan hingga menjadi bakwan jagung seperti yang kita kenal saat ini. Lalu bagaimana cara membuat bakwan jagung yang simpel dan anti ribet?

 

Resep Bakwan Jagung Simpel

Membuat bakwan jagung sangat mudah. Rasanya yang lezat dan gurih membuat bakwan jagung digemari masyarakat. Untuk membuat bakwan jagung dibutuhkan bahan-bahan sebagai berikut.


Bahan Membuat Bakwan Jagung

 

Bahan Membuat Bakwan Jagung

1 jagung manis

2 batang daun bawang

1 bungkus tepung bakwan instan

Merica bubuk secukupnya

Gula putih secukupnya

 

Cara Membuat Bakwan Jagung

1. Jagung manis disisir, lalu bagi dua. Yang satu di blender dan setengah ulek kasar (biar tetap ada bulir-bulir jagungnya)

2. Telur dikocok dan diberi merica bubuk

3. Campurkan  jagung, telur, tepung bakwan instan dan daun bawang. Agar tidak terlalu enek dengan rasa gurih dari tepung bakwan instan maka tambahkan dengan gula pasir. Aduk rata.

4. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang dan kecokelatan.

5. Sajikan dan santap selagi hangat

 

Disclaimer

Kalau buat sobat Jelajah Mia yang  tidak suka pakai tepung instan tapi sukanya tepung manual, bisa coba dengan tepung terigu campur beras dengan dicampur bumbu halus. Resep yang Jelajah Mia share ini sebagai alternatif buat tim yang ingin menghemat waktu masak tapi dengan hasil tetap buatan sendiri.

 

Penutup

Gorengan selalu mengunggah selera tetapi gorengan bila kita masak sendiri tentu terjamin kebersihan dari bahan-bahan yang kita buat. Bakwan jagung bisa menjadi alternatif gorengan dan bahkan lauk.

 

Resep bakwan jagung simpel ini semoga jadi inspirasi. Apakah sobat Jelajah Mia suka dengan bakwan jagung? Atau di daerah sobat Jelajah Mia ada nama lain untuk menyebutkan bakwan jagung ini?


Related Posts

19 comments

  1. Salah satu gorengan kesukaanku nih, biasanya aku tambah udang biar tambah syedep 😊

    ReplyDelete
  2. Wiih, terbayang rasa gurih dan krispi-nya saat digigit. Nanti harus banget dimasak ulang ini resepnya, terima kasih ya Kak

    ReplyDelete
  3. Bakwan jagung kalau di Surabaya namanya dadar jagung
    Gorengan paling pas disajikan dengan sayur bening

    ReplyDelete
  4. Bakwan jagung tuh memang senikmat itu sih yaa.. mau dijadiin cemilan, enak... mau jadi lauk juga yummiii... apalagi makannya gapake nanti yaa.. langsung anget-anget.

    ReplyDelete
  5. Duh pengeeen hahaha, lama banget ngga bikin bakwan jagung. Kalo beli harus pilih2 banget kalo gamau rasa tepung doang hihi

    ReplyDelete
  6. yang simpel- simpel gini paling aku suka. dan anak- anak juga suka banget sama bakwan jagung sih jadi resepnya langsung bisa dipraktekkan

    ReplyDelete
  7. suatu statement yang tidak bisa kutolak, siapa yang ga tertaik gorengan, duh secara gorengan itu enyak banget, mau gorengan apa aja tetap enak sih buatku
    simpel buatnya, enak rasanya ya bakwan jagung ini

    ReplyDelete
  8. Suka banget saya bikin bakwan dan memakannya, hidangan sederhana, Murmer tapi mengenyangkan, apalagi sama nasi.

    ReplyDelete
  9. Awalnya kurang suka gunain tepung seperti itu. Tapi pas nyoba ternyata lebih enak dan rasa bumbunya terasa.. enak deh pokoknya

    ReplyDelete
  10. Wah bakwan jagung sih ini favorit aku banget. Sering bgt masak ini karena enak bgt. Kalau aku jagungnya suka diulek kasar aja, jadi nggak terlalu lembut. Nggak pernah pakai tepung instan, selalu pakai tepung yg biasa. Tapi mau coba deh pakai yg instan biar sat set ya πŸ˜‚

    ReplyDelete
  11. Saya suka bakwan jagung ini..apalagi kalau masih panas..hmmm..sanggup menghabiskan banyak

    ReplyDelete
  12. Bakwan jagung ini mirip ya dengan dadar jagung, atau sama aja? Ah, gak penting nama. Yang penting rasanya sama-sama nikmat. Cara bikinnya juga sat set sat set....

    ReplyDelete
  13. Bakwan jagung mang nggak ada lawan cuma klo disini buat susah cari lombok buat temen gorengan.

    ReplyDelete
  14. Abis baca resep bakwan jagung auto ingat jagung yang ada di kulkas, mari kita eksekusi dulu sesuai resep yang ditulis mbak Mia haha. Aku nggak pernah bikin yang jagungnya di blender dan di ulek, so sekarang aku mau nyobain hahaha

    ReplyDelete
  15. Kalau bikin bakwan jagung, saya paling suka yang masih utuh butiran jagungnya. Lebih terasa jagungnya dari pada dihaluskan

    ReplyDelete
  16. Bakwan jagung tuh praktis ya mba, kalau bakwan sayur saya sering gagal lezat kalau bakwan jagung masih enak karena ada rasa manis jagungnya

    ReplyDelete
  17. kalau di jatim, ditambah kencur dikit mbak. Sama, biasanya aku tambah mentega biar crispynya dapet. Bakwan ini lauk semua sayur bisa masuk ya :)

    ReplyDelete
  18. Bakwan jagung salah satu kudapan favoritku ini, biasanya pakai tepung terigu dan tepung beras sedikit, buatnya simple, tinggal blender jagungnya terus tambahkan bumbu, goreng deh

    ReplyDelete
  19. Duhhh. Kangen juga masak bakwan jagung iniii. Baru tau kalau dari Spanyol dan PortugisπŸ˜†. Tapi resepnya kak Mia ini beda sama yang biasa dibuat ibuk. Hihiii. Di rumah biasanya karena dikasih topping udang, jadi bumbunya pake bumbu lengkap ada trasinya. Dan makin sedep. Duh ngiler. Ntar mau bikin ah!

    ReplyDelete

Post a Comment