Keunikan Masjid Jami Al Baakhirah Cimahi

10 comments

 

 

Bangunan bersejarah terkadang menjadi suatu simbol tersendiri untuk mengenal sebuah wilayah. Bila mendengar Kota Cimahi, pasti selalu identik dengan militer berikut pula dengan bangunan-bangunan bersejarah khususnya di bidang kemiliteran. 

 

Ternyata Cimahi tidak hanya memiliki ikonik dengan militernya. Tetapi memiliki satu bangunan ikonik bertemakan rumah ibadah yaitu masjid. Masjid yang bentuk seperti perahu, penasaran bagaimana keunikannya? Simak sampai akhir artikel, ya!

 

Keunikan Masjid Jami Al Baakhirah Cimahi



 

Masjid sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat

Masjid seringkali disebut masyarakat sebagai rumah Allah SWT yang berfungsi untuk menunaikan ibadah salat bagi umat muslim. Selain sebagai tempat ibadah , juga sering dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar pendidikan Alquran atau Ngaji. Siapa yang dulunya tiap sore/abis magrib ngaji di Masjid?

 

Dalam sejarah perkembangannya di beberapa literatur yang saya baca, masjid dinilai memiliki peranan yang begitu penting dalam penegakan agama Islam. Hampir di seluruh wilayah, kegiatan masyarakat banyak dipusatkan di masjid.

 

Kubah Masjid

Menyadari ataupun tidak, setiap masjid pasti memiliki kubahnya masing-masing. Kubah masjid atau bisa disebut dengan atap Masjid, merupakan sebuah komponen yang harus ada , bisa dari bentuk atau model. Pada umumnya, Kubah masjid juga sebagai elemen arsitek yang dapat terbentuk separuh bola mengerucut pada bagian ujung (makara).

 

Bersumber dari qoobah.co.id disebutkan bahwa kubah masjid mempunyai dua peranan berdasar pengetahuan tata ruangan. Peranan pertama  sebagai petunjuk arah kiblat bila disaksikan dari segi luar. Peranan  kedua untukmenyinari ruangan dari dalam. Keelokan dan kecantikannya akan kelihatan dari kesan-kesan yang ditampilkan kubah masjid.

 

Bagaimana kubah masjid di daerahmu? Untuk didaerah dekat rumahku, masjid pada umumnya dengan kubah terbentuk separuh bola mengerucut pada bagian ujung (makara). Tapi tenang, Jelajah Mia akan ajak ke bangunan masjid yang bisa dibilang unik di daerah Cimahi.

 

Masjid Jami Al Baakhirah Cimahi

Masjid Jami Al Baakhirah masjid yang terletak di Jalan Bapak Ampi No 1E RT 02 RW 06 Kelurahan Baros kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Masjid tersebut merupakan salah satu bangunan masjid unik yang ada di Indonesia.

 

Masjid Kapal Berfilosofi Bahtera Nabi Nuh

Baca di beberapa sumber di Internet dan tanya dikit ke pengurus DKMnya, Masjid ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh As. Tentu bahteranya yang dalam bagian sejarah tidak bisa dipisahkan dari cerita hidup Nabi Nuh As. Kisah ini menjadi salah satu latar belakang Mengapa masjid di Kelurahan Baros ini dibuat arsitektur menyerupai kapal laut.

 

Masjid Kapal Berfilosofi Bahtera Nabi Nuh

Berdasarkan info dari cimahikota.go.id disebutkan bahwa Masjid Al Baakhirah merupakan wakaf dari keluarga Budianto masjid tersebut merupakan keinginan Budianto Sebelum meninggal dunia. Almarhum merupakan mantan Nahkoda, jadi sungguh jelas sekali mengapa arsitektur masjid ini menyerupai kapal.

 

Sebelum beliau wafat, Budianto ingin membangun sebuah masjid sebagai amal jariyah, dan juga sebagai kenang-kenangan yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Keinginan beliau kemudian didukung dan dilaksanakan oleh Istri dan anak-anaknya yang memawakafkan sebidang tanah dan juga mendanai hampir keseluruhan biaya untuk pembangunan masjid tersebut.

 

Arsitektur Masjid

Pembangunan masjid kapal ini sangat detail, bahkan dibagian luarnya ada Cerobong Asap dan juga Jangkar berwarna putih, dengan ikatan tali yang besar. Ada juga bangunan yang mirip dengan geladak kapal, maupun kabin untuk Nahkoda dan para awak kapal.

 

Tampilan Masjid Jami Al Baakhirah

Kesan kental tentang kapal laut memang sangat terasa di dalam masjid, bahkan interior / ornamen / hiasan yang diletakkan didalam masjid persis seperti yang ada pada kapal laut pada umumnya. Pada bagian lantainya dibuat dengan keramik berwarna coklat mirip warna kayu alami.

 

Ditengah-tengah mimbar yang terbuat dari kayu, dibuat ornamen kayu mirip sebuah jangkar dengan lafadz “Allah” ditengah-tengahnya. Masjid ini dibuat dengan berlantai 2, lantai pertama digunakan sebagai ruang sholat utama, sedangkan lantai dua difungsikan sebagai ruang kontrol untuk instalasi listrik. Bahkan pada lantai kedua terdapat berbagai interior kapal seperti kemudi, tombol-tombol layaknya pada kapal sungguhan.

 

Bahkan ada juga pelampung laut yang ada di kapal ini yang memang pelampung sungguhan yang terbuat dari kareat. Berbagai aksesoris memang sengaja diletakkan dimasjid ini, agar kesan kapal laut semakin terasa dan minat para pengunjung menjadi lebih besar.

 

Penutup

Dengan segala keunikannya tentu menarik tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah. Bahkan konon kabarnya akan ada pembangunan lanjutan agar tampilannya benar-benar mirip dengan kapal laut.

 

Adakah yang sudah pernah lewat atau bahkan singgah ke masjid ini? Atau mau cerita keunikan masjid di daerah sobat Jelajah Mia? Ditunggu ceritanya, ya 🥰


Related Posts

10 comments

  1. Aih baru tahu di Baros ada masjid unik seperti kapal laut ini
    Saya malah batu tahu dari artikel ini
    Semoga keluarga yang mewakafkan mendapatkan pahala yang berlimpah

    Aamiin...

    ReplyDelete
  2. Masjid yang unik kak. Aku selalu merasa kagum dengan masjid-masjid yang diciptakan bukan hanya sebagai tempat ibadah tapi juga menyediakan tempat istirahat bagi para musafir yang kelelahan. Soalnya gak semua masjid punya takmir yang baik, yang membolehkan untuk istirahat sejenak

    ReplyDelete
  3. Secara nenek moyangku.. ehh bapakku dulu seorang pelaut, jadi kusuka nih ada arsitektur bertema laut macam masjid berbentuk kapal ini. Masjid ini akan masuk dalam daftar masjid unik yang harus kukunjungi nih klo suatu saat main ke Cimahi

    ReplyDelete
  4. Jujurly aku belum pernah ngelewatin atau mampir ke Masjid Jami Al Baakhirah di Cimahi. Takjub sama gaya arsitektur nya dan ternyata memang yang mewakafkan adalah seorang nahkoda ya. Selain buat sarana ibadah, bisa jadi tempat berserjarah yang dikunjungi oleh para traveller. Semoga aku pun bisa kesana 😇

    ReplyDelete
  5. Beberapa kali melewati daerah Baros tapi saya tidak pernah mampir ke masjid ini Lain kali kalau ke sana lagi boleh juga untuk beribadah apalagi punya banyak cerita dan sejarah dibaliknya sehingga makin menarik untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  6. Desain eksteriornya unik juga ya kak. Apakah dalamnya atau interiornya juga mirip kapal kak? Penasaran

    ReplyDelete
  7. Masjid setiap kota pasti banyak banget keunikan dan nilai sejarahnya. Makanya kalau berkunjung ke suatu kota harus mampir masjidnya deh.

    ReplyDelete
  8. Keren nih! Nggak hanya bentuknya yang unik. Tapi filosofi, sejarah dan interior nya juga unik. Kalo berkesempatan ke Cimahi harus datang kesini nih.

    ReplyDelete
  9. Kwren nih masjid, inspirasinya kapal Nabi Nuh. Jarang-jarang loh masjid ambil inspirasi dari sejarah islam begini

    ReplyDelete
  10. Asli unik masjidnya dengan bentuk bahtera yang presisi. ternyata inspirasinya dari cerita nabi Nuh toh. Ah, jadi pengen wisata religi ke Cimahi nih

    ReplyDelete

Post a Comment