Rekomendasi Kuliner Malam Cimahi

15 comments

 Jika berkunjung ke Cimahi, kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner yang populer di sini. Cimahi sekarang sudah dikenali selayaknya Kota Bandung. Cimahi juga dikenal dengan berbagai kuliner khas nan viral, termasuk kuliner malam Cimahi yang menemani malam syahdumu.

 

Tidak hanya wisata kuliner pada waktu siang yang menarik seperti yang pernah Jelajah Mia tulis di jajanan nostalgia zaman sekolah , tempat-tempat rekomendasi kuliner malamCimahi juga tak kalah untuk menggugah selera. Sebagai hidangan penutup hari di waktu malam, agar tidurnya lebih nikmat setelah dipenuhi asupan santapan nikmat.


Rekomendasi Kuliner Malam Cimahi





Nikmatnya Kuliner Malam Cimahi

Jika singgah di Cimahi pada malam hari, berbagai hidangan lezat tersedia di berbagai penjuru kota. Beragam hidangan kuliner malam hari Cimahi ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga maupun teman.

 

Malam hari lapar dan yang dilakukan sekarang adalah jalan sekitar rumah dan pesan salah satu makanan di sana. Tanpa perlu keluar rumah, walau sudah ada tren membeli dengan bantuan aplikasi, akan tetapi masih juga banyak yang suka dengan kuliner malam hari dengan mendatangi tempatnya langsung.

 

Semakin banyak masyarakat yang doyan jajan malam. Bahkan, beberapa dari mereka memilih menu makanan "berat" untuk di makan tengah malam. Kalau ditanya tentu sebagian besar pun tidak mengerti kenapa pas tengah malam itu lapar dan kalau sudah begitu, ya, makan adalah jawabannya.

 

Sekali pun kita sangat tahu itu nggak sehat. Ya, tapi lapar dan sebenarnya ini juga berkaitan dengan waktunya tidur bukan waktu baik untuk makan secara Kesehatan, seperti halnya jajanan yang berasal dari sunda yang pernah Jelajah Mia tulis di 7 jajanan khas sunda berawalan ci . 


Jam malam memang paling banyak diminati masyarakat pada umumnya untuk memesan makanan. Ini berkaitan dengan budaya Indonesia yang selalu melakukan makan malam, apalagi terkadang dengan aktivitas kerja hingga sore ini, kuliner malam hari sambil nongkrong dengan teman menjadi pilihan yang menarik untuk melepas penat.

 

Lalu apa saja rekomendasi kuliner malam hari di Cimahi? Berikut daftarnya, siapa tau ada yang mampir dan bingung buat sekedar jajan di malam hari terutama di daerah Cimahi Tengah, ya

 

Rekomendasi Kuliner Malam Cimahi


1. Roti Bakar Alwi

Roti bakar yang terletak di pinggir jalan Gatot Subroto Cimahi ini bisa jadi pilihan untuk menikmati indahnya malam hari di Cimahi.  Bisa dibilang kedai ini lumayan baru untuk area kuliner disana tapi seolah tidak pernah sepi. Selain jualan roti bakar, ada juga susu murni. Harganya sangat terjangkau dan rasanya enak. 


Roti Bakar Alwi


Banyak gerai roti bakar yang dibuka malam hari. Hingga roti bakar terkadang identik sebagai camilan di malam hari, umumnya dijual bersamaan dengan susu murni. Apa sebenarnya alasan roti bakar dijual di malam hari?

Daftar Harga Roti Bakar Alwi


 

Banyak literatur yang menyebutkan makan roti di malam hari sebenarnya adalah kebiasaan orang Belanda. Namun kebiasaan makan roti bakar pada malam hari perlu dipertanyakan apakah memang diadopsi dari kebiasaan orang Belanda atau bukan.

 

2. Pecel Lele Ayam

Salah satu makanan yang banyak disukai orang Indonesia adalah pecel lele. Saat ini siapa yang tak mengenal pecel lele? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentunya sudah banyak yang tahu dan bahkan pecel lele sekarang ini menjadi makanan favorit semua kalangan masyarakat. 


Pecel lele tidak hanya sesuai foto yang kukirim, ini bisa dibilang hampir bisa ditemui di setiap jalan. Kala menjadi anak kosan, pecel lele ayam ini seolah jadi kuliner malam hari yang wajib, Eh begitu sudah menetap dan domisili sekarang di Cimahi, ku perhatikan para mahasiswa juga menjadikan makanan ini sebagai kuliner malam hari di Cimahi. 


Pecel lele merupakan salah satu kuliner kaki lima yang dijual dengan harga yang murah sehingga tidak menguras isi dompet. Meskipun harganya murah, tetapi rasanya ini tidak murahan dan bisa didapat dengan mudah karena banyak penjualnya. Sehingga banyak masyarakat Indonesia menjadikan pecel lele sebagai menu favorit di malam hari. Tapi memang identik dengan warung tenda pecel lele khasnya itu, ya, kalau ini versi kedainya lah, ya.


Pecel Lele Ayam

3. Sate dan Soto Madura

Sate dan soto madura yang tidak jauh dari jalan raya Gatot Subroto ini (Agak masuk dikit ke Jalan Kalidam) ,  bisa jadi pilihan ketika perlu agak mengenyangkan perut kita yang lupa makan atau memang sukanya makanan berat. Langganan dengan yang jualan lebih dari 10 tahun, dahulu kalau pagi jualan kupat tahu tapi skrg cuma sate dan soto aja, konon katanya lelah jadi mau fokus aja ke dagang sate dan soto. 

 

Kenapa sate lebih enak kalau dimakan malam hari? Sebuah pertanyaan yang mengundang selera penyuka daging kambing dan ayam ini tentunya sudah terbayang bagaimana lezat dan gurihnya beberapa potongan kecil daging yang di tusuk jadi satu, di bakar, lalu di bumbui kecap atau bumbu kacang.

 

Sate dan Soto Madura

Sejarah sate aslinya menurut wikipedia adalah makanan dari Jawa dan perkembangannya hampir ditemukan di setiap wilayah Indonesia, dan menjadi populer dengan ragam variasi daging, rasa dan sajiannya termasuk di Asia Tenggara bahkan beberapa negara bagian Amerika.

 

4. Bubur Kacang Hijau Madura

Bubur kacang hijau mudah ditemukan di warkop dan penjual pinggir jalan di malam hari. Kalau lapar dan cukup bersemangat jajan di luar, bubur kacang bisa jadi pilihan untuk mengisi perut. Selain enak, bubur kacang hijau memiliki banyak nutrisi dari kacang-kacangan. Tapi kalau sedang malas jalan keluar rumah, ada baiknya punya kacang hijau mentah, santan dan gula merah di rumah. Jaga-jaga saja barangkali kepingin bubur kacang hijau dan suatu hari bisa kamu membuatnya sendiri agar lebih hemat. Lokasinya ga jauh dari roti bakar alwi, Bayangkan seporsi bubur kacang hijau saja harganya hanya Rp. 5.000,- dan bila dicampur dengan ketan hitam jadi Rp. 6.000,- sangat murah sekali kan.

Bubur Kacang Hijau Madura


5. Bacol Jajanan Malam Khas Cimahi

Bacol atau kependekan bala-bala, tahu dan cireng cocol ini menjelma menjadi jajanan primadona di Kota Cimahi. Bacol atau bala bala cocol merupakan makanan khas dari Cimahi berupa gorengan berupa bala-bala, tahu, cireng yang dicocol dengan bumbu kacang pedas asam. Pernah kutulis juga di bacol kuliner khas kota Cimahi

 

Bacol sering dijadikan jajanan sore orang Cimahi dan ramainya ketika bulan puasa, dijadikan sebagai menu takjil untuk menu berbuka puasa dan banyak diburu para warga Cimahi.Bahkan apabila kita telat membeli bisa dipastikan akan gigit jari, karena memang selaris itu makanan ini,. Tentu siapa yang tidak suka dengan gorengan, olahan tepung yang seolah tak lepas dari jajanan kita.

 

Gorengan ini sudah ada sejak lama namun penggunaan sambal kacang yang diperkenalkan pada tahun 2003 sehingga menjadikan bacol menjadi salah satu kuliner khas Kota Cimahi yang tentu jangan sempat terlewatkan untuk dicicipi. Jika gorengan pada umumnya dimakan dengan cabai rawit sebagai pelengkap namun bacol memiliki beberapa keunikan sehingga membedakannya dengan gorengan yang lain seperti memiliki ukuran yang kecil dan murah ditambah lagi dengan adanya bumbu kacang asam manis pedas yang menjadi khas dari bacol, berbeda dengan rasa sambal kacang yang kita temui pada umumnya.

 

Penutup

Demikian rekomendasi kuliner malam Cimahi. Adakah yang sudah mencoba? Ikut ngiler untuk coba kuliner ini tidak? Atau ada rekomendasi yang ingin dibagikan? Komen, ya. Berikutnya mau dibahas wisata atau keunikan lainnya di Kota Cimahi tidak?

Related Posts

15 comments

  1. Bener banget mbak, makan di malam hari emang mantep banget walaupun tubuh bilang "jangan nggak baik buat kesehatan" wkwk.

    ReplyDelete
  2. mbak bubur kacang ijo ketan item nya sungguh menggoda lho hehe...soalnya di desaku udah gak ada yang jual bubur campur gini,sussah carinya kalo lagi pingin

    ReplyDelete
  3. Pernah dibeliin Bacol sama bibi aku yg tinggal di Cimahi, emang ternikmat apalagi selagi anget anget.
    Ahh, makanan yang familiar dan enak dinikmati kala malam tuh.
    Jadi kapan kita kulineran bareng di Cimahi nih, aku suka sama temen2 blogger sengaja wiskul/ngafe di Cimahi.

    ReplyDelete
  4. Ayah saya kerja tiap hari di Jalan Gatot Subroto. Mungkin sebulan sekali, ayah saya sering beli sate madura itu. Karena senang bisa bicara dengan orang yang berbahasa sama dengan rakyat di kota asalnya :)

    ReplyDelete
  5. Ya allah bacol teh singkatan dari bala-bala cocol. Penasaran kumaha rasana. Kalau pecel lele mah emang udah jadi kuliner malam yang khas ya. Hampir mudah ditemukan di mana-mana.

    ReplyDelete
  6. Kuliner cimahi tapi rekomendasinya yang madura ya, terkadang memang seperti itu ya, selera kita suka nggak lokalitas. Tapi perlu banget dicoba waktu main ke cimahi, kebetulan suka jajanan pinggiran juga nih.

    ReplyDelete
  7. Wah Cimahi mantap
    Banyak kuliner malam yang lezat lezat
    Aku penasaran sama Bacol

    ReplyDelete
  8. Pas banget deh malam malam keliling cari makan sambil menikmati suasana kota. Apalagi bareng orang2 tersayang

    ReplyDelete
  9. Banyak banget rekomendasi kuliner malam yang menggoda selera di Cimahi ya. Paling tergoda pengen cobain sate dan sotonya tuh. Sepertinya akan segera main kesana deh untuk coba icip-icp juga.

    ReplyDelete
  10. Penasaran sama bacol.... Itu 3 jenis, bala-bala, tahu, cireng cocol disuguhkan jadi satu ya, Mbak. Ngebayanginnya, enak banget di mulut, hehe

    ReplyDelete
  11. Dulu pernah jajan bacol nya,,waktu lewat cimahi malam malam.
    VINYL ANTI BAKTERI

    ReplyDelete
  12. Aku pernah dibawain roti bakar Alwi mba. Enak banget, jadi kalau sodaraku ada mampir ke Garut, pasti pesen itu.

    ReplyDelete
  13. Baca artikel ini jadi lapar. Pengen nyobain semua kalau ada kesempatan bisa ke sini ya. Enak-enak semua.

    ReplyDelete
  14. aku juga suka jajan malam-malam, sepertinya bacol ini bikin aku penasaran buat nyicipinnya.

    ReplyDelete
  15. Saya penasaran sama Pecel Lele Ayam. Kebayang sudah ada lele lalu ada ayam lagi. Pengen tahu rasanya seperti apa secara langsung

    ReplyDelete

Post a Comment