Rekomendasi Buku yang Wajib Kamu Baca!

20 comments

 

Halo Sobat Jelajah Mia! Apakah Sobat Jelajah Mia senang membaca buku? Atau sedang pusing mencari buku yang mau dibaca? Yuk sini merapat, Jelajah Mia mau kasih contekan bacaan buku yang wajib dibaca!

Rekomendasi Buku yang Wajib Kamu Baca!
Edited by canva.apk

 

Sesuai dengan janji artikel sebelumnya, buat memberikan rekomendasi buku bacaan. Terakhir membuat ulasan review nebula tapi di Instagram instagram @simiati_nw hampir setiap minggu selalu memberikan rekomendasi bacaan buku.

 

Sepertinya tidak lengkap kalau tidak memberikan rekomendasi bacaan buku, terakhir memberikan Rekomendasi bacaan 2021  (lama sekali ternyata)

 

Membaca buku menjadi aktivitas yang bermanfaat sekaligus menyenangkan. Dengan membaca buku kita bisa memperoleh informasi dan wawasan baru tak jarang sebagian orang menganggap bahwa membaca buku sebagai hiburan.

 

47 buku di tahun 2023, menemani hari-hari Jelajah Mia dengan berbagai informasi dan dunia imajinasi baru. Buku - buku tersebut sangat diminati dan mampu memenangkan hati Jelajah Mia. Buku-buku yang meramaikan feed Instagram dan blog Jelajah Mia.

 

Dari 47 buku, ada beberapa judul buku yang menarik perhatian untuk dijadikan sebagai  rekomendasi. Sobat Jelajah Mia bisa menambahkan judul buku tersebut sebagai daftar bacaan di tahun ini. Apa saja buku yang wajib kamu baca? Yuk, disimak!

 

1. Bedabah di Ujung Tanduk

Bedabah di Ujung Tanduk karya Tere Liye bercerita tentang kisah perjuangan Thomas dalam menumpas para musuh-musuhnya yang selalu jadi magnet kemanapun ia pergi.

 

Novel Bedabah di Ujung Tanduk karya Tere Liye

Novel Bedabah di Ujung Tanduk merupakan lanjutan dari novel Negeri di Ujung Tanduk. Tapi serunya, novel ini berkaitan dengan tokoh Bujang di novel pulang.

 

Latar tempat yang baru lagi, bukan Indonesia, Jepang atau Rusia tapi Nepal dan Bhutan. Dan tentu saja scene-scene aksi yang bikin tegang sepanjang membaca buku ini.

 

Cerita yang ditawarkan dalam buku ini berbeda banget dari buku-buku sebelumnya yang bahas Thomas. Di sini jauh lebih kompleks, banyak teka teki yang terjawab, saling berkaitan, dan Jelajah Mia seolah mengingat buku-buku sebelumnya,.

 

Tapi tenang, bagi yang tidak mengikuti buku sebelumnya juga bisa mengikutinya. 

 

2. Jakarta Rock 'N' Roll

Jakarta Rock 'N' Roll karya Sekar Ayu Asmara. Jakarta Rock "N Roll menggambarkan dinamisnya dan hidupnya Jakarta dan seisinya. Meskipun banyak persoalan, Jakarta akan menemukan geliat jalan keluarnya.

 

Jakarta Rock 'N' Roll karya Sekar Ayu Asmara

Menceritakan dengan lugas kondisi masyarakat Jakarta yang majemuk karakternya dan beraneka ragam. Ada tentang Betari, Penari kontemporer. ada tentang Arung, CEO Borneo Mining.

 

Ada tentang Kunang, Wanita ambisius yang menghalalkan segala cara. Ada tentang June, Wanita buta yang sensitif instingnya. Ada juga kisah David yang mencari nasib ibu kandungnya.

 

Semuanya dirangkai manis menjadi satu didalam gedung pertunjukkan yang disebut "Jakarta Rock 'N' Roll".

 

3. Lapangan Golf Maut (Murder on the Links)

Lapangan Golf Maut (Murder on the Links) karya Agatha Christie. Kebahagiaan terbesar seorang pecinta buku ketika mendapat harta karun. Harta karun indah ini kudapat dari tanteku.

 

Novel Lapangan Golf Maut (Murder on the Links)

Novel dikemas dalam bentuk komik ini sangat menarik perhatianku hingga akhir jadi buku pertama yang kubaca.

 

Lapangan Golf Maut adalah novel karya Agatha Christie, murder on the Links bila dalam judul aslinya Buku yang kubaca dalam bentuk komik, ada beberapa judul yang lain juga.

 

Cerita yang ber-genre lengkap mulai kriminalitas, misteri dan thriller, detektif dan juga ada kisah romantis yang manis di dalamnya.

 

Salah satu masalah inti yang diangkat dan dibahas di novel ini adalah saat kantor detektif ini mendapat surat dari Perancis dan pengirimnya bernama Mr. Renauld.

 

Mr. Renauld meminta Poirot untuk segera datang ke Perancis karena ia merasa terancam pembunuhan, akhirnya Poirot ditemani Kapten Arthur Hastings mendatangi Villa Genevieve, Merlinville di Kota Paris.

 

Kisah menegangkan bagaimana Poirot menyelesaikan masalahnya? Penasaran kan

 

 

4. Mata dan Nyala Api Purba

Mata dan Nyala Api Purba karya dari Okky Madasari. Mata yang kita kenal dan mengajak kita berpetualang pada tiga buku sebelumnya sudah tumbuh dewasa, bahkan menjadi seorang guru Biologi. Mata mengajar di sekolah istimewa yang didirikan oleh negara untuk mencetak orang-orang super dalam segala sistem dan penemuan.

 

Novel Mata dan Nyala Api Purba

Cerita yang cocok untuk segala usia. Bagi usia anak, akan diajak berimajinasi dan belajar akan segala hal. Bagi kita yang bukan anak-anak, tanpa disadari kita akan larut akan tampilan kritis sosial tentang dunia pendidikan saat ini.

 

5. Cantik itu Luka

Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan. Buku yang bisa disebut buku bantal, beberapa kali mencoba membaca tetapi tak pernah tamat juga. Hingga akhirnya bisa juga ku tamatkan, awal pemicunya ya ditantang sahabat onlineku, mbak Jihan.

 

Novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan

Kisah seorang perempuan yang bernama Dewi Ayu. Dewi Ayu adalah seorang wanita yang sangat cantik, tapi kecantikannya tersebut bukan sebagai sesuatu yang menguntungkan.  

 

Melainkan membawa malapetaka bagi dirinya beserta keturunannya, bahkan menjadi sebuah kutukan.

 

Novel Cantik Itu Luka memiliki genre romantis, sejarah, dan realisme magis. Sebab, dalam buku ini digambarkan kisah sejarah kolonialisme di Indonesia.

 

Cerita dalam novel ini kompleks. Setiap tokoh dalam sebuah novel memiliki perannya masing-masing dalam alur cerita. 

 

6. Perempuan Bersampur Merah

Bagaimana perjuangan seorang anak perempuan untuk mengungkap teka-teki atas terbunuhnya bapaknya dalam tragedi Banyuwangi tahun 1998?

 

Novel Perempuan Bersampur Merah

Salah satu peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia. Bagaimana orang yang dianggap ‘dukun santet’, langsung diburu dan dihakimi.

 

Novel Perempuan Bersampur Merah  menceritakan tentang kehidupan sosial budaya masyarakat Banyuwangi. Penulis berani mengangkat kembali cerita tentang tragedi yang pernah terjadi di Banyuwangi dua puluh tahun silam terkait pembantaian orang-orang yang dinilai sebagai dukun santet.

 

Bagaimana kalau kisahnya dikemas dalam bentuk fiksi sejarah? Apa daya tarik Novel Perempuan Bersampur Merah? 

 

7. You Do You

Buku You Do You : Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness karya Fellaxandro Ruby merupakan buku self improvement yang ku tamatkan tahun 2024.

 

Buku You Do You karya Fellexandro Ruby

Bisa dibilang diriku termasuk hitungan agak jarang untuk baca dan menamatkan buku nonfiksi terutama genre self improvement, kecuali untuk kepentingan dan memang ingin baca.

 

Buku You Do You karya Fellexandro Ruby terdapat sharing pengalaman penulisnya tentang kehidupan karir. Ada 4 hal yang menarik dari buku  You Do You karya Fellexandro Ruby ini, apa saja?

1. Self-awareness adalah Kunci

2. Passion kita udah jadi skill atau belum?

3. Kegagalan selamanya ga jadi kegagalan

4. Temui dan cari terus ikigaimu!

 

Buku ini juga bisa membantu kamu yang sedang galau tentang tujuan hidup dan karir. Review selengkapnya ada di


 

8. Pulang

Siapa yang masih ingat dengan cover ikonik novel karya Leila S. Chudori? Nah, Jelajah Mia sudah lama ingin membaca novelnya kala masih cover lama. Tapi entah mengapa melihat  buku tebalnya diatas 300 halaman suka membayangkan betapa lama menamatkannya.

 

novel pulang karya Leila S. Chudori

Hingga akhirnya ikut tantangan membaca buku dengan tema sejarah, jadi akhirnya membaca buku ini dan tamat.

 

Perjalanan hidup tahanan politik eks gejolak G30S 1965, yang ternyata harus menurun juga ke anak-cucu mereka. Ada yang terus menunduk dengan terus menutupi nama keluarganya, ada juga yang keras dan terus melawan Malpraktik Sejarah berdarah tersebut.

 

Perjalanan cinta dan idealisme yang dikemas dengan jenaka, namun tetap penuh inspirasi. Sebuah harapan besar, apakah bisa kembali Pulang ke tanah air?

 

9. Hilang Dalam Dekapan Semeru

Siapa yang suka mendaki gunung? Atau sukanya cuma hiking aja? Bagi suka mendaki, saat proses mendaki, kamu bisa saja tersesat dan menjelajahi dunia yang belum pernah diketahui.

 

Hilang Dalam Dekapan Semeru karya RJL 5 - Fajar Aditya

buku Hilang Dalam Dekapan Semeru karya RJL 5 - Fajar Aditya adalah kumpulan dari beberapa cerita yang dialami oleh hampir semua tokoh utama di dalam buku  Hilang Dalam Dekapan Semeru.

 

Penutup

Nah itu dia beberapa rekomendasi buku bacaan yang bisa sobat Jelajah Mia baca, gimana menarik bukan? Jadi, buku apa yang menarik perhatianmu? Atau mau merekomendasikan buku untuk Jelajah Mia baca, boleh banget!

 


Related Posts

20 comments

  1. Jadi penasaran sama buku you do you nih. Baca ah otw perpusnas semoga gak antri ya hehehe.

    ReplyDelete
  2. Bagus bagus emang rekomendasinya kak
    Ada yang sudah aku baca sih
    Aku juga pengen baca yang lainnya

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah sama sekali baca karyanya Okky Madasari.
    Sebenernya novel Tere Liye yang direkomendasi ka Mia bahkan, belum ada yang aku baca. Mandeg banget aku baca novel tahun lalu yaak.. Seneng buku self improvement seperti You Do You.

    ReplyDelete
  4. Bagus banget rekomendasi bukunya mbak.umma belum pernah baca satupun..ketahuan nggak pernah baca buku..hihi padahal tiap hari dulu tak ada hari tanpa baca buku

    ReplyDelete
  5. Menarik banget ini dan smeuanya belum pernah aku baca mbak, paling penasaran sama you do you ini, coba cari di ipunas ada ga ya

    ReplyDelete
  6. Bedebah diujung tanduk dan sekuelnya aku suka banget. sy sdh baca 6 buku novelnya. lg nunggu lanjutan sekuelnya

    ReplyDelete
  7. wah banyak juga ya mbak 47 buku yang dibaca. beberapa buku di atas sudah kubaca juga kayak novel Tere Liye, Fellexandro Ruby dan Leila s Chudori. baca rekomendasi ini aku langsung nyari bukunya di gramdig. hehe

    ReplyDelete
  8. dari semua buku di atas kayaknya saya baru baca buku satu saja, yaitu You Do You, memang bagus sih itu untuk pengembangan diri, self improvement dalam banyak hal ga cuman karir, tapi juga bisa dalam passion sehari-hari, rekomended banget sih bukunya, penasaran juga sama buku lainnya mba Mia, kayaknya bagus-bagus ya isinya

    ReplyDelete
  9. Rekomendasi bacaanmu keren semua mba, dan jujur bacaan kayak gini buatku agak berat. Tapi kalau udah mulai baca pasti asyik. Cantik itu luka salah satu buku favoritku!

    ReplyDelete
  10. Waw aku terpana dan terpesona mbak Mia.. Tahun 2023mu begitu indah. Di habiskan dengan melahap banyak buku bergizi. Huuu apa aku harus ikutan RWC juga yaa biar 2024 ku juga cerah.

    ReplyDelete
  11. Waduuh banyak yang belum aku baca nih ternyata ka....otewe nyari bukunyaa hehe...semoga di 2024 makin banyak jumlah buku yang kubaca

    ReplyDelete
  12. Buku Tere Liye yang disebutkan sudah baca, Cantik itu Luka juga sudah. Penasaran dengan Perempuan Bersampur Merah. Kalau Hilang dalam Dekapan Semeru pernah baca di thread Twitter sebelum ada bukunya.

    ReplyDelete
  13. Beberapa jadi wist list yang mau aku baca dan ada juga yang sudah aku baca salah satu cantik itu luka.

    ReplyDelete
  14. Dari list ini ada satu yang sudah kubaca, yang lain bisa nih jadi wish list bacaan nanti. Di antaranya You Do You karya Fellexandro Ruby, senang baca sharing pengalaman penulisnya tentang kehidupan begini, apalagi saat ini lagi butuh mood booster dari kisah orang lain.

    ReplyDelete
  15. Aku baca novel Pulang karya Leila S. Chudori belum kelar sampai sekarang. Padahal udah punya bukunya dan sempet dibaca tahun 2022, namun ternyata feel baca buku malah mendadak menghilang.

    ReplyDelete
  16. Bener-bener pecinta buku mbak Mia 😍 47 buku di tahun 2023 dengan bocil yang aktif luar biasa sungguh bikin takjub, keren 😍 beberapa review nya udah ada yang aku baca di feed Instagram. Udah lama nggak baca buku Tere Liye, aku penasaran sama bukunya nih.

    ReplyDelete
  17. Wah, aku penasaran dengan novel Perempuan Bersampur Merah, udah kebayang gimana alur ceritanya apalagi kisahnya hampir serupa dengan tragedi yang memang pernah terjadi. Rajin bikin rekomendasi novel dong kak, aku butuh nih untuk referensi

    ReplyDelete
  18. Keren nih, semangat dan daya bacanya besar banget. Jadi ingat tumpukan buku yang belum tersentuh di rumah. Anehnya masih saja pengin beli buku baru lainnya.

    ReplyDelete
  19. Dari rekomendasi yg dikasih aku baru baca you do you nya Fellexandro kak, memang bagus dan recomended sih

    ReplyDelete
  20. yang paling bikin aku penasaran buat baca kok you do you ya mbak, hhhe. Lebih suka buku genre motivasi. Meski tan menampik, karya tere liye suka juga dari perbendaharaan diksinya. Rekomendasi buku yang kekinian banget ini

    ReplyDelete

Post a Comment