Blogspedia Coaching, Kelas Ngeblog Gratis

1 comment

Ku kira hanya akan jadi tim yang penting blog terisi tulisan dan cukup di titik “yang penting punya blog”. Lalu 2021 semua seolah mengubah sudut pandangku. Mencoba untuk menulis lagi dengan blog baru ya di Jelajah Mia ini. 


Walau di awal masih membangun kebiasaan suka dengan aktivitas blogging-nya. Berjalan dan mencari teman, komunitas dan bahkan kelas ngeblog gratis yang bisa membuatku makin nyaman dengan pilihan aktivitas belajar ngeblog

 

Dari tahun 2020 sudah dapat kabar Blogspedia Coaching tapi merasa belum siap jadi akhirnya selalu mundur untuk daftar. Akhirnya di pertengahan bulan Mei 2022, saya  memantapkan diri untuk daftar di kelas ngeblog gratis yang dibuka oleh Blogspedia

 

Blogspedia Coaching, Kelas Ngeblog Gratis


Blogspedia Coaching

Zaman sekarang sudah banyak kelas online bertebaran di mana-mana asalkan kita mau cari tahu. Apalagi semenjak pandemi walau sudah mulai kembali aktivitas normal, semakin banyak kelas online terbuka dari yang gratis hingga berbayar. Blogspedia Coaching hadir untuk kalian yang mau belajar blogging dari awal.


Sesuai saat kita membuka blognya blogspedia akan langsung disuguhkan dengan header : Pojok curhat para blogger pemula tentang tutorial blogging, tips menulis, tips SEO dan melayani jasa pembuatan konten. Salah satu layanan yang ada di blogspedia salah satunya yaitu Blogspedia Coaching

 

Layanan yang ada di Blogspedia

Tentang Blogspedia Coaching

Sudah kusinggung di awal, bahwa Blogspedia Coaching ini merupakan kelas ngblog gratis untuk para blogger pemula. Kelas ini diadakan oleh seorang mom blogger paling keren dari Semarang, mbak Marita Ningtyas.

 

Karena Blogspedia Coaching  adalah kelas untuk cara jadi blogger pemula, maka di sini kita benar-benar belajar dari awal. Blog itu apa, mengenal blog dan jenisnya, cara membuat blog, serta mengenal dashboard. Dan selanjutnya diajak ngeblog yang asyik tapi serius, apalagi ditambah dengan hadirnya para coach tamu yang membantu mbak Marita selama coaching berlangsung, jadi makin komplit deh ilmunya

 

Daftar batch tiga

Naqi dan Novia, teman sesama juru kunci di Komunitas Gerakan One Week One Book menginformasikan adanya pendaftaran Blogspedia Coaching Batch 3, kalau mau cara cepat untuk otomatis lulus sebagai peserta Blogspedia Coaching dengan cara ikut tantangan menulis  dan dapat golden tiket.  

 

Sejenak berpikir ulang, mengingat kandunganku saat itu sudah masuk trimester kedua dan khawatir saat hamil semakin tua justru makin ga fokus. Tapi dengan niat yang kuat mau serius belajar ngeblog maka kuputuskan ikut tantangan yang diadakan oleh blogspedia.

 

Lalu saat pembukaan pendaftaran, mereka berdua berisik banget nanya apakah mau ikut atau engga. Saat itu diriku kondisi sudah hamil 7 bulan dan pasti nanti tengah coaching akan di fase melahirkan. 


Setelah ngobrol dengan suami sekalian minta restu juga, dia mengizinkan karena ingin istrinya beneran ngurus blognya dengan benar dan dapat ilmu dari orang yang sudah berpengalaman dan ga modal minta tolong terus ke suami (walau dia anak IT tapi tidak terlalu mendalam ngoprek website)

 

Bahkan mbak marita sampai pc dan bertanya apakah saya mau klaim golden tiketnya atau engga. Setelah minta waktu untuk berpikir ulang, akhirnya ku iyakan. Dan si wanita hamil tua ini daftar menjadi peserta coaching. Lalu apa saja sih yang kamu dapatkan selama coaching?

 

Materi Blogspedia Coaching batch tiga

Tak seperti kelas online yang biasa gratis. Blogspedia coaching memang benar-benar serius menggembleng peserta demi mengenalkan blogging yang asyik dan serius. Selama 3 bulan, kita beneran dihajar dengan materi seminggu dua kali dan tugas yang terbit setelah materi, selalu deg-degan setiap habis pematerian karena kita akan langsung diberi tugas dan cemas kira-kira apa ya materi berikutnya.

 

Mau tahu materinya apa saja? Sini aku kasih tahu materi beserta tugas yang kukerjakan selama Blogspedia Coaching batch 3 ini ya :).


1. The Big Why & Adab Blogging

2. Platform, Niche, dan Istilah-istilah Blogging

3. Membuat Blog di Blogspot dan Berkenalan dengan Dashboard

4. Membuat Postingan & Kenalan dengan Menu Stats-Komen Sepenggal Alasan Jatuh Cinta Ngeblog

5. Content is The King Literavy dari Bookstagram Jadi Blogger

6. Persona & Emphathy Lebih Dekat Dengan Sobat Jelajah Mia

7. Fungsi Video di Dalam Artikel Belajar Morse Dari Film Parasite

8. Membuat Page About & Sitemap Tentang Jelajah Mia dan Sitemap Jelajah Mia

9. Basic SEO Series #1 Manfaat Seo On Page

10. Basic SEO Series #2 - Riset Keyword Rekomendasi Kuliner Malam Cimahi

11. Trending Keyword komunikasi solusi cut off

12. Artikel Evergreen resep spaghetii bolognese instan

13. Copy Writing review novel anak tak bernama

14. Bermain-main dengan Canva pengalaman bersama canva

15. Saatnya Go Profesional dengan Top Level Domain pertimbangan saat memilih tld blogspot

16. Permak Blog Sederhana

17. Memasang Template Unduhan mengubah tampilan blog

18. Menulis Ulasan Wisata/ Traveling wisata taman kartini cimahi

19. Artikel How To/ Tips 6 tips membaca buku secara konsisten

20. Ulasan Kuliner keripik pedas mang odod cimahi

21. Ulasan Event kelulusan odop angkatan x

22. Ulasan Film/ Buku review novel second chance

23. Tips Menjuarai Lomba Blog oreo 110th brithday celebration

24. Personal Branding for Blogger personal branding untuk blogger 

25. Content Plan & Peluang Job membuat content plan blog

26. Tugas Akhir Blogspedia Coaching: One Day One Post selama 6 hari yang dimulai tanggal 22 s.d 27 Agustus 2022

Gimana? Luar biasa banget kan menu belajarnya.  Saya merasa bersyukur sekali menemukan kelas ini yang sangat membimbing dari nol. Benar-benar diajari apa itu blog, mengenal dashboard blog, dan seterusnya hingga ke arah profesional blogger. Cuma PR nya bagaimana tetap mempertahankan kebiasaan yang baik sekarang untuk seterusnya agar blog ini tidak menjadi laba-laba

Tidak menyangka sudah sampai di titik ini. Rasa syukurku berlipat ganda saat tahu aku mampu menulis di blog dengan segala pernak-perniknya. Tulisan harus sesuai SEO dengan minimal 800 kata yang disertai minimal 3 gambar selalu menjadi tantangan tersendiri saat menyelesaikannya. 


Berkunjung ke blog teman-teman blogger lainnya untuk saling belajar dan meningkatkan relasi online untuk blog kita. Eh, ternyata sampai sekarang jadi kebiasaan. Selalu merasa ada yang kurang saat gambar atau tulisan belum memenuhi standar pengumpulan tugas.


Blogspedia Coaching, Kelas Luar Biasa

Dari Blogspedia Coaching ini pula lah aku kenal teman-teman blogger dengan berbagai asal, suku, ras, dan profesi. Mereka semua keren pada bidangnya. Ada yang sudah memiliki karya buku antologi maupun solo, ada juga yang berjuang mati-matian untuk tidak terdepak dari kelas ini seperti saya.

Bahkan beberapa kali sempat izin terutama setelah melahirkan, iya melahirkan saat tengah perjalanan coaching. Mbak Marita yang begitu tulus memberikan dispensasi waktu pengumpulan dan bahkan mengingatkan saat ada tugas yang belum terselesaikan.  


Sempat terpikir untuk mundur setelah melahirkan karena saat itu benar-benar ada di fase baby blues yang parah banget, apalagi di waktu tertentu masih suka terasa jahitan pasca operasi. Tapi dikuatkan suami untuk kejar sampai akhir karena ada coaching selanjutnya belum tentu bisa menyempatkan belajar seperti sekarang ini.


Tertatih tapi pasti, akhirnya bisa juga ada difase sekarang. Mudah-mudahan tidak ada tugas lagi yang terlewat dan lolos di Blogspedia Coaching.

Mbak Marita, Coach yang Paling Kece

Kelas blogging ini diampu oleh seorang coach yang super baik hati, Marita Ningtyas. Seorang istri dan ibu dari dua anak ini sering kupanggil Mbak Mar. Awalnya, saat tahu kelas ini cukup tegas karena yang tidak mengumpulkan tugas akan mendapatkan tendangan maut dari mbak Mar,  yakni meninggalkan kelas,

Marita Ningtyas Coach Blogspedia

Seperti yang kuceritakan sebelumnya, mbak Marita memberikan kesempatan dispensasi bagi yang ingin telat mengumpulkan tugas asalkan izin. Akan tetapi ada batas toleransi ketelatan dari mbak Mar. Ada beberapa peserta kelas yang juga dikeluarkan dari kelas karena belum mengumpulkan tugas bahkan beberapa yang kukenalpun ikut tertendang, sedih banget sih. Tapi memang mbak Mar ini yang super tegas mengumpulkan mereka yang benar-benar komitmen dari awal.


Dengan mengampu kelas Blogspedia Coaching yang menurutku pasti repot dengan kegiatan domestiknya, bahkan saat anaknya mulai bersekolah dan sakit sekalipun masih tetap jadi mengurus coaching. Ah, makin kagum deh sama Mbak Marita.

Terima kasih, Mbak Marita. Semoga kelas ini menjadi ladang amal jariyah Mbak Mar. Sebuah aset investasi akhirat yang tak kunjung habis nilainya. Semoga Mbak Marita sekeluarga diberi kesehatan selalu dan berkah semuanya, amin.


Penutup

Begitulah cerita tentang kesan dan pengalamanku mengikuti Blogspedia Coaching batch tiga ini. Sangat seru dan mengasyikkan, apalagi menambah silaturahim dengan cupuers lainnya. Aku cuma mau mengatakan jangan lewatkan kelas blog yang kece ini untuk kalian apabila nanti dibuka, mungkin tahun depan atau entah kapan. Misterius ini, wkwkk.

Saat pendaftaran batch tiga saja, sang pemilik kelas mengatakan kalau sebenarnya maju mundur untuk membuka kembali kelas ini. Jadi, jangan tanya kelas batch 4 akan dibuka kapan. Doakan saja Mbak Mar akan terketuk pintu hatinya untuk membuka kembali nantinya, hihihi. Doakan Jelajah Mia lulus dalam coaching batch 3, ya


Referensi:

https://www.blogspedia.my.id/tentang-blogspedia/

https://www.blogspedia.my.id/jasa/

https://www.maritaningtyas.com/2021/07/jasa-content-writing-semarang.html

https://www.maritaningtyas.com/2022/06/internet-menyatukan-indonesia.html   

https://www.instagram.com/blogspedia/

Related Posts

1 comment

  1. keren, Kak Mia, ditengah kesibukan dengan baby nya bisa lulus,, sukses selalu buat Kak Mia dan keluarga,, salam buat babynya yaaa :)

    ReplyDelete

Post a Comment